Mohon tunggu...
Shyntako
Shyntako Mohon Tunggu... Blogger

A Cancerian woman who love her Taurus's son so much. I'm also an insurance advisor who love to write about culinary, travelling, financial, parenting, and daily life. And let's get connected https://dialogueee.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

Cara Merawat Sepatu Putih dari Serbuan Noda Membandel

9 November 2019   10:45 Diperbarui: 9 November 2019   10:42 0 3 1 Mohon Tunggu...
Cara Merawat Sepatu Putih dari Serbuan Noda Membandel
Source: pixabay

Sepatu putih itu selalu bikin saya jatuh cinta. Sejak dulu kala saya selalu pengen banget punya koleksi sepatu putih. Tapi, keinginan itu saya gagalkan berulangkali karena saya cukup sadar diri kalo saya orangnya kurang apik untuk merawat sepatu putih. Terlebih lagi, saya ini termasuk anker alias anak kereta yang kadang kalo lagi jam-jam sibuk orang-orang jaman now tetiba berubah jadi barbar. Duh, jangan ditanya lagi deh kalo masuk di gerbong khusus wanita, lebih sadis kelakuannya kalo lagi penuh.

Nah, kemarin saya akhirnya punya sepatu putih berbahan kulit yang benar-benar bikin saya nggak bisa berpaling ke lain sepatu. Plus, sepatu ini asli karya anak bangsa, made in Bandung. Jadi, sebagai warga negara yang baik dan tidak sombong, saya juga harus mendukung produk-produk dalam negeri. Pas banget minggu lalu, saya ada keperluan untuk urusan pekerjaan. Memakai sepatu putih bagi saya jadi semacam fashion statement. Bisa jadi mood booster banget!

Dan sesuai dugaan, berhubung saya adalah pengguna transportasi umum khususnya kereta api, berdesak-desakan adalah sebuah kondisi yang harus kita nikmati dan hasilnya mulailah bermunculan noda di sepatu saya. Saya mencoba mencari tips untuk membersihkan sepatu putih dengan bertanya sama mbah Google dan ada yang menyarankan untuk memakai pasta gigi.

Jadilah kemarin saya mencoba untuk membuktikan tips membersihkan sepatu kulit dengan menggunakan pasta gigi. Saya coba oleskan pasta gigi di bagian-bagian sepatu yang terkena noda. Saya diamkan sekitar 5 menit, lalu saya ambil sikat yang sudah terlebih dahulu dicelupkan dalam air. Saya sikat sepatu kulit saya walaupun masih sedikit ragu ya apakah teknik ini akan berhasil atau malah akan bikin sepatu saya rusak. Lalu, saya ambil lap basah untuk membersihkan sekeliling permukaan sepatu. Wow, hasilnya bener loh sepatu kulit saya kembali kinclong seperti baru dan sama sekali nggak merusak bahan kulit sepatu kita.

Untuk sepatu berbahan kanvas, beda lagi ya cara penanganannya. Campurkan 1 sendok baking soda dengan 2 sendok cuka ke dalam air. Jika memungkinkan pakai air hangat lebih baik. Sikat bagian sepatu yang terkena noda dengan campuran tersebut. Lakukan sampai campuran tersebut merata di area permukaan sepatu yang sedang kita bersihkan. Biarkan hingga mengering lalu tepuk-tepuk sisa campuran yang sudah mengerak bersama noda kotoran. 

Satu tips lagi untuk merawat sepatu putih, gunakan produk water and stain repellent yang bisa kamu temukan di toko-toko sepatu untuk melindungi sepatu putihmu sebelum beraktifitas keluar rumah. Dan usahakan sesegera mungkin membersihkan sepatu putih kita yang terkena noda sesampainya kita dirumah. Selamat mencoba dan selamat bergaya dengan sepatu putih!