Mohon tunggu...
Kognisi.id
Kognisi.id Mohon Tunggu... Administrasi - Learning Platform by Growth Center part of Kompas Gramedia

Providing a convenient, insightful, and collaborative learning experience

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Cara Merawat Diri untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

14 Maret 2024   17:16 Diperbarui: 14 Maret 2024   17:29 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: blog.kognisi.id

Siapa yang tidak ingin produktivitas kerjanya meningkat? Namun melansir dari stress.org, stres kerja yang meningkat dapat membuat produktivitas menurun, bahkan membuat pekerja malas merawat dirinya. Oleh karena itu, diperlukan cara merawat diri yang tepat agar dapat menjaga kesejahteraan fisik dan mental, sehingga meningkatkan produktivitas kerja. 

Menurut World Health Organization (WHO), merawat diri adalah kemampuan untuk memelihara kesehatan dan mencegah diri dari gangguannya. Kegiatan ini dilakukan secara sadar seperti menjaga pola makan, menjaga kebersihan, olahraga, merawat tubuh, melakukan hobi, ataupun berkunjung ke profesional ketika memiliki keluhan tertentu. 

Baca Juga: Jangan Lupakan Individual Wellness Saat Bekerja

Ini Cara Merawat Diri Yang Diperlukan

Tentu, tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk diri sendiri. Apalagi dengan segala beban dan tuntutan yang terasa begitu berat, manfaat merawat diri akan begitu dirasakan. Khususnya bagi kamu yang memprioritaskan, karena akan berdampak pada produktivitas sehari-hari. Berikut beberapa cara merawat diri dan manfaatnya.

Relaksasi dengan Menjaga Kebersihan Tubuh

Sumber gambar: Unsplash.com
Sumber gambar: Unsplash.com


Cara merawat diri dengan menjaga kebersihan tubuh ini dapat membantu dalam menjaga ketahanan diri saat mengalami kelelahan. Bahkan, dalam jurnal penelitian dari Professional Psychology: Research and Practice, dijelaskan bahwa merawat diri dapat mengurangi stres. Hal ini dikarenakan cara merawat diri yang dapat membuat kita menjadi lebih tenang, sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan membantu mengurangi stres akibat beban pekerjaan. 

Contoh paling sederhananya adalah dengan mandi setelah beraktivitas panjang. Aliran air yang membersihkan berbagai sisa kotoran dan debu itu tidak hanya membuat tubuh bersih, namun juga merelaksasi otot-otot tubuh dan suhu tubuh jadi menurun, sehingga pikiran menjadi lebih tenang. Selain mandi, kegiatan merawat diri lainnya juga dapat merelaksasi seperti dengan menggunakan produk-produk wewangian. 

Istirahat yang Cukup, Performa Optimal

Sumber gambar: Unsplash.com
Sumber gambar: Unsplash.com

Dengan stres yang dapat dikelola dengan baik, dan kondisi tubuh juga emosi yang lebih tenang, akan berdampak pada performa dalam bekerja sehingga produktivitas meningkat. Karena faktor-faktor penyebab kelelahan juga ikut teratasi dengan menjaga gaya hidup dalam sebagai cara merawat diri. 

Contoh cara merawatnya adalah dengan mengatur jadwal tidur secara teratur. Manusia membutuhkan tidur yang cukup, sekitar 7-8 jam setiap harinya menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Tidur yang cukup dapat menjaga suasana hati menjadi lebih baik dan menjaga konsentrasi, sehingga produktivitas dalam bekerja menjadi meningkat.

Olahraga Untuk Kesehatan Mental

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun