Mohon tunggu...
Sri Sutrianti
Sri Sutrianti Mohon Tunggu... Guru - Guru IPA SMP

tertarik belajar menulis sebagai upaya ekspresif terapi.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Bangun Pagi Strategi Efektif untuk Meningkatkan Produktivitas

22 Juni 2024   06:00 Diperbarui: 22 Juni 2024   10:47 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sinar matahari pagi. Dokpri

Apakah Anda pernah merasa kesulitan untuk bangun pagi dengan semangat dan fokus?Bagaimana  memulai hari supaya dapat tetap  produktif dan berenergi sepanjang hari?


Pagi adalah waktu yang sangat penting untuk menentukan bagaimana sisa hari  akan berjalan. Memulai hari dengan rutinitas yang baik, dapat memberikan dorongan energi yang diperlukan untuk menghadapi berbagai tantangan. Namun, setiap orang memiliki kebiasaan dan kebutuhan yang berbeda di pagi hari. Oleh karena itu, menciptakan rutinitas pagi yang personal dan efektif sangat penting.
Heather Raley, Jessica Naber, Summer Cross, dan Michael Perlow, dalam risetnya yang berjudul The Impact of Duration of Sleep on Academic Performance in University Students, membahas bagaimana durasi tidur mempengaruhi kinerja akademis mahasiswa. (ResearchGate).


Waktu Bangun
Langkah pertama dalam menciptakan rutinitas pagi yang efektif adalah dengan mengevaluasi waktu bangun saat ini. Apakah Anda bangun terlalu pagi atau justru terlalu siang? Mengetahui waktu bangun saat ini membantu Anda menyesuaikan rutinitas agar lebih seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh.


Aktivitas Pagi
Apa yang biasanya Anda lakukan di jam pertama setelah bangun tidur? Aktivitas pagi sangat mempengaruhi mood dan energi sepanjang hari. Beberapa orang memilih untuk berolahraga, meditasi, atau sekadar menikmati secangkir kopi. Identifikasi aktivitas yang sudah menjadi kebiasaan Anda dan evaluasi apakah aktivitas tersebut mendukung produktivitas Anda atau tidak.


Kualitas Tidur 

Bagaimana kualitas tidur Anda setiap malam? Apakah Anda merasa segar dan bugar ketika bangun tidur? Tidur yang berkualitas sangat penting untuk memulai hari dengan baik. Jika Anda sering merasa lelah dan kurang tidur, coba perhatikan pola tidur Anda dan cari cara untuk meningkatkan kualitas tidur, seperti tidur lebih awal atau menciptakan lingkungan tidur yang nyaman.

GOR Saparua dengan trek lari.Dokpri
GOR Saparua dengan trek lari.Dokpri
Aktivitas yang Memberikan Energi
Pilih aktivitas pagi yang dapat memberikan energi dan semangat untuk memulai hari. Beberapa contoh aktivitas yang dapat memberikan energi adalah olahraga ringan, meditasi, sarapan sehat, atau mendengarkan musik favorit. Temukan aktivitas yang paling cocok untuk Anda dan jadikan sebagai bagian dari rutinitas pagi.


Tujuan Produktivitas

Apa tujuan produktivitas utama Anda untuk hari itu? Apakah Anda memiliki tugas-tugas kerja yang harus diselesaikan, proyek pribadi, atau pembelajaran yang ingin dicapai? Menetapkan tujuan yang jelas di pagi hari dapat membantu Anda fokus dan memprioritaskan tugas-tugas penting.


Tantangan di Pagi Hari

Apakah Anda menghadapi tantangan khusus di pagi hari? Misalnya, kurang motivasi, merasa terburu-buru, atau sulit berkonsentrasi? Identifikasi tantangan tersebut dan cari solusi untuk mengatasinya. Mungkin Anda perlu menyiapkan pakaian dan perlengkapan kerja di malam hari, atau membuat jadwal yang lebih terstruktur untuk mengurangi stres di pagi hari.


Waktu Bangun Ideal
Idealnya, pukul berapa Anda ingin bangun untuk memulai hari? Menentukan waktu bangun yang ideal membantu Anda mengatur jadwal tidur dan bangun dengan lebih baik. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk tidur agar tidak merasa lelah saat bangun.


Komitmen Lain di Pagi Hari
Apakah Anda memiliki komitmen khusus di pagi hari, seperti olahraga, mengurus anak, perjalanan ke kantor, atau rapat pagi? Sesuaikan rutinitas pagi Anda dengan komitmen-komitmen tersebut agar semuanya berjalan lancar tanpa terburu-buru.
Dengan mempertimbangkan poin-poin di atas, Anda dapat merancang rutinitas pagi yang personal dan efektif. Mulailah dengan perubahan kecil dan evaluasi hasilnya secara berkala. Dengan rutinitas pagi yang baik, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan menjalani hari dengan lebih bersemangat dan penuh energi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun