Mohon tunggu...
ni luhselita
ni luhselita Mohon Tunggu... Lainnya - FEB UNMAS DENPASAR (prodi akuntansi)

TUGAS

Selanjutnya

Tutup

Money

Strategi UMKM Bali bertahan di masa pandemi

24 Mei 2021   18:55 Diperbarui: 24 Mei 2021   19:18 523
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh : Ni Luh Selita dan Ni Nyoman Ayu Suryandari 

Akuntansi FEB Universitas Mahasaraswati Denpasar 

Pandemi covid-19 secara global tentu saja sangat berdampak pada semua sektor terutama pada sektor ekonomi. Hal ini tentunya sangat berdampak terhadap pariwisata, sektor pedangan, dan industri termasuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Menurut Organisasi For Economic Co-operation and Development (OECD) UMKM sangat rentan terdampak berbagai gangguan bisnis karena berhubungan langsung dengan pariwisata, dan berbagai industri lainya yang kini semuanya terdampak covid-19 secara signifikan.

Khususnya di pulau Bali dampak pandemi covid-19 masih sangat terasa. Bali mengalami keterpurukan akibat pandemi yang sudah ada di Indonesia sejak awal tahun 2020. Perekonomian daerah Bali sangat mengandalkan sektor pariwisata sebagai tulang punggung perekonomian yang kini mendadak lumpuh akibat pandemi Covid-19.  Tidak hanya pada sektor pariwisata, kini pandemi covid-19 berimbas ke berbagai sektor seperti Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Berdasarkan Data dari Dinas koperasi dan UMKM Provinsi Bali jumlah UMKM di bali sebanyak 326 ribu yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Bali. Data Bank indoneisa Provinsi Bali menunjukan bahwa UMKM memberikan konstribusi sangat besar bagi perekonomian Bali, hal ini karena besarnya jumlah UMKM yang mencapai 99% dibandingkan dengan jumlah usaha nasional. Besarnya tenaga kerja yang bekrja pada UMKM tercatat sebanyak 97,05% (secara nasional).

menurut pakpaha (2020) UMKM kurang memiliki fleksibelisasi dalam menghadapi situasi seperti pandemi  covid-19 dikarena ada beberapa hal seperti kurangnya tingkat digitalisasi , kesulitan dalam mengakses teknologi , dan kurangnya strategi bertahan dalam bisnis.

Namun, ada beberap hal yang dapat dilakukan UMKM termasuk membuat produk baru atau memperbaharui sistem pemasaran, agar tetap dapat bertahan dan resposif terhadap lingkungan baru. Menurut akademisi UNWAR Bali Dr. Putu Ngurah Suyatna Yasa, S.E., M.Si., strategi yang dapat dilakukan dan relevan adalah ‘Survival Method’

Dikatakan, kunci hidup UMKM tergantung pada kemampuan ‘cashflow’ dalam jangka Panjang. Pasalnya, tidak ada yang tahu kapan Pandemi covid-19 akan berakhir. Caranya pelaku UMKM harus mengupayakan efisiensi pengeluaran, menunda ekspansi bisnis, mengatur gaji karyawan, jam kerja karyawan, menjaga komunikasi dengan stakeholder, berinovasi, jemput bola, dan memaksimalkan marketing online.

Pelaku UKM harus mengedapnkan aspek emosional konsumen. Dilihat dari hasil riset tentang keputusan konsumen, dijelaskan bahwa sebanya 20% ditentukan oleh logika. Dan 80% berdasarkab emosi konsumen. Artinya, pelaku UKM hsrud mengurangi nafs untuk mendapatkan untung besar. “yang penting itu ‘New marketing’ strategi. Contohnya, ada tukang cukur yang mendatangi kinsumen ke rumahnya. Usahanya tetap jalan, karena menjaga komunikasi dengan baik ke pelanggan. Dengan terbatasnya aktivitas manusia. Strategi baru yang inovatif sangat mutlak diperlukan,” tutup Putu.

Adapun strategi lainya yang dapat dilakukan UMKM dalam menghadapi pandemi Covid-19 sebagai berikut :

1. E-Commerce

Di masa pandemi e-commerce menjadi pilihan yang sangat baik untuk pelaku UMKM agar dapat bertahan bahkan berpotensi mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.  E-commerce adalah suatu proses menjual dan membeli produk-produk secara elektronik oleh konsumen. e-commerce menciptakan pasar digital dengan pilihan dan harga yang lebih terjangkau dalam perdagangan yang sangat efisien.  Ada beberapa e-commerce yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku umkm di indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Buka lapak, OLX, Gojek, Lazada, dll.

2. Perbaikan kualitas produk dan pelayanan 

Di tengah pandemi covid-19, konsumen lebih berhati-hati dalam menggunakan barang dan jasa, selain itu konsumen lebih mementingkan kebutuhanya daripada keinginanya, hal ini karena sulitnya mencari penghasilan di saat masa pandemi. Keterbatasan konsumen dalam melakukan pembelian langsung juga sangat berdampak pada berkurangnya jumlah pembelian. UMKM diharapkan dpat melakukan perbaikan kualitas produk agar dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan secara insentif dapat mengkomunikasikan kualitas produk.

3. Customer Relationship Marketing (CRM) 

Pelaku UMKM seharusnya tidak hanya berfokus menjaring pelanggan baru tetapi harus mempertahankan produk dan menjaga pelanggan yang ada. Apalagi di masa pandemi covid-19 sangat sulit untuk mendapatkan pelanggan. Pelanggan yang loyal tidak akan pergi ke yang lain karena sudah memiliki kepercayaan terhadap produk suatu UMKM. Cara pelaku UMKM untuk bertahan di tengtah menurunya bisnis adalah melakukan pemasaran hubngan pelanggan/ Customer Relationship Marketing (CRM). Customer Relationship Marketing adalh sebuah konsep strategi pemasaran berupa membentuk jalinan hubungan jangka Panjang dengan para konsumen, yaitu mempertahankan hubungan yang saling menguntunhkan antara penyedia jasa dan pelanggan yang dapat membangun transaksi ulang.

Pelaku usaha dapat menunjukan kepedulian yang bertujuan untuk memasarkan produk, contonya : meningkatkan empati atas adanya pandemi ini seperti memberikan promo atau skema free produk untuk kurir yang melakukan delivery service, dan menyisihkan sedikit pendapatan dari penjualan produk untuk diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Cara ini dapat membangun kepercayaan konsumen dan adanya customer bonding, jadi di saat pandemi UMKM tidak hanya memikirkan diri sendiri, namun membangu hubungan pemasaran konsumen dengan menunjukan kepedulian dan hal positif yang dapat dicontoh pelaku usaha lainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun