Mohon tunggu...
Sekar Mutiara Mashita
Sekar Mutiara Mashita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Mahasiswa jurusan administrasi publik angkatan 2019

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN TIM II UNDIP Dorong Branding dan Permudah Akses Lokasi UMKM Masyarakat melalui Google Maps

11 Agustus 2022   09:10 Diperbarui: 11 Agustus 2022   09:17 68 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
UMKM Warung Makan Bu Jum RW 02, dok. pribadi

Semarang (11/08/2022) Kemajuan era digitalisasi yang sangat pesat memberi dampak pada seluruh sektor kehidupan manusia, salah satunya sektor perekonomian dan perdagangan. Perkembangan teknologi menjadi suatu peluang dan tantangan bagi para pelaku bisnis untuk senantiasa dapat beradaptasi dengan lingkungan perdagangan era digital.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan kegiatan bisnis atau usaha yang dikelola dan dijalankan oleh suatu individu, rumah tangga, ataupun badan usaha kecil yang ada dalam masyarakat. UMKM diggolongkan berdasarkan besarnya omzet pertahun, jumlah kekayaan atau asset yang dimiliki, serta jumlah karyawan yang dipekerjakan. UMKM menjadi salah satu praktik usaha populer di kalangan masyarakat. Banyaknya jumlah pegiat UMKM menjadikan sektor ini sebagai salah satu roda penggerak perekonomian negara dan mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Melalui kegiatan KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun Akademik 2021/2022, tim KKN Kelurahan Jatingaleh berupaya untuk membantu beberapa UMKM khususnya UMKM di sekitar kawasan Kampung Tematik Kuliner RW 02 Kelurahan Jatingaleh agar dapat meningkatkan branding prosuk sekaligus meningkatkan jumlah konsumen dan pendapatan perekonomian sehari-harinya. Salah satu UMKM tersebut yaitu Warung Makan Bu Jum yang bergerak pada bidang kuliner dan berlokasi di Jl. Jangli Tlawah RT 03 RW 02 Kelurahan Jatingaleh, Kecamatan Candisari, Kota Semarang.

Program kegiatan yang dilakukan yakni membantu dan mendampingi pelaku UMKM dalam pendaftaran dan pemasangan point atau titik lokasi pada Google Maps. Pelaku usaha hanya memasukkan data alamat, nomor telepon yang dapat tersambung dengan WA, kategori tempat, dan waktu beroperasi. Google Maps memiliki berbagai fitur canggih untuk membantu mengembangkan UMKM mulai dari fitur upload gambar, Direction, Share Place, dan pemberian Review berbintang. Berbagai fitur tersebut dapat membantu memudahkan masyarakat luas dalam melakukan pencarian lokasi melalui rute yang disajikan dan memberikan penilaian terhadap UMKM tersebut sehingga akan berdampak pada peningkatan branding produk sekaligus meningkatkan jumlah konsumen.

Peta Lokasi UMKM Warung Makan Bu Jum RW 02, dok. pribadi
Peta Lokasi UMKM Warung Makan Bu Jum RW 02, dok. pribadi

Dengan penambahan titik lokasi UMKM pada Google Maps tersebut diharapkan dapat membantu lokasi UMKM agar lebih mudah untuk dicari oleh masyarakat luas sekaligus mampu mendongkrak perekonomian masyarakat khususnya para pelaku UMKM di Kelurahan Jatingaleh.

Penulis : Sekar Mutiara Mashita (Administrasi Publik - FISIP)

DPL : Farid Agushybana, SKM, DEA, Ph.D

Lokasi : Kelurahan Jatingaleh, Kecamatan Candisari, Kota Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan