Mohon tunggu...
sekar mayang
sekar mayang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hospitality and Tourism

Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2017

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Rumah Atsiri: Destinasi Wisata Baru Berkonsep "Aromatic Wellness"

25 Agustus 2021   15:00 Diperbarui: 25 Agustus 2021   15:04 296 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Rumah Atsiri: Destinasi Wisata Baru Berkonsep "Aromatic Wellness"
801-6125f2d40101900dee526122.jpg

Dokumentasi Pribadi (2021)

Saya Sekar Mayangsari mahasiswa S1 Hospitaliti dan Pariwisata Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud tahun 2017.

Rumah Atsiri Indonesia merupakan objek wisata edu-rekreasi yang terbilang cukup baru, berlokasi di Jalan Watusambang, Dukuh Watusambang, Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Objek ini merupakan hasil restorasi bekas Pabrik Citronella Indonesia-Bulgaria, yang dibangun pada tahun 1963. Atas kerjasama pemerintah Indonesia dan Bulgaria, bangunan ini didukung menjadi pabrik penyedia minyak atsiri terbesar se-Asia pada masa Ir.Soekarno, antara tahun 1963-1967. Pada tahun 2015 PT. Rumah Atsiri mengambil alih dan merevitalisasi tempat ini menjadi kompleks edu-rekreasi. Rumah Atsiri Indonesia mulai beroperasi sebagai salah satu destinasi wisata aromatic wellness pada tahun 2018. 

Sebagai destinasi tematik yang berfokus pada minyak atsiri, Rumah Atsiri Indonesia menghadirkan pengalaman edu-rekreasi yang kaya dengan disuguhi pemandangan Gunung Lawu yang menakjubkan. Rumah Atsiri Indonesia berdiri di atas tanah seluas 5 hektar, yang terdiri dari 2,5 hektar untuk area edukasi dan sebagian diisi dengan tanaman minyak atsiri serta tanaman hijau lainnya. Rumah Atsiri memiliki berbagai atraksi di dalamnya seperti ; Museum, Perkebunan Atsiri, Taman Marigold, Workshop, Restoran, Glamping, dan lain sebagainya.

Dokumentasi Pribadi (2021)
Dokumentasi Pribadi (2021)

Dokumentasi Pribadi (2021)
Dokumentasi Pribadi (2021)
Destinasi seperti Rumah Atsiri yang mengusung konsep aromatic wellness terbilang sangat unik dan menarik. Sebagaimana kita ketahui bahwa wellness merupakan kondisi selarasnya kesehatan fisik, mental, dan emosional. Hal tersebut merupakan kondisi yang sangat dibutuhkan setiap orang terutama di masa pandemi saat ini. Rumah Atsiri menawarkan pengalaman wisata baru dimana wisatawan dapat belajar tentang tanaman-tanaman atsiri (essential plants). Sekaligus juga memberikan kesegaran tubuh dan pikiran karena berada pada kaki Gunung Lawu dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk.

Tak hanya itu, pada toko aromatik juga tersedia berbagai merchandise serta berbagai produk dari tanaman atsiri seperti ; essential oil, soap, body lotion, hand-sanitizer, diffuser, hingga snacks. Rumah Atsiri juga menawarkan paket wellness program untuk menginap di Atsiri Glamping dengan berbagai fasilitas seperti ; tisane session, morning yoga, trekking/private garden tour, spa and massage, dan sebagainya. Rumah Atsiri merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Karanganyar. Terlebih objek ini sudah memiliki sertifikasi CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sehingga sangat mengutamakan kenyamanan dan keamanan wisatawan dalam berwisata di tengah pandemi ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan