Mohon tunggu...
Sekar Esti
Sekar Esti Mohon Tunggu... 🌹

Ayo, kalau diajak makan eskrim

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Curhat untuk Jiwa Sehat

10 Juni 2019   21:31 Diperbarui: 10 Juni 2019   21:40 0 0 0 Mohon Tunggu...
Curhat untuk Jiwa Sehat
dokpri

Curhat singkatan dari Curahan Hati, adalah sebuah kegiatan untuk mencurahkan keluh kesah yang kita alami kepada seseorang yang kita percaya.

Berbagai hal dapat dijadikan bahan curhat, mulai dari kena tilang, baju jemuran hilang, peliharaan yang sedang sakit atau bahkan sesuatu yang lebih intim seperti hutang yang menumpuk, keluarga yang tak sehat, dan berbagai masalah hidup lainnya.

Setelah kita curhat, seringkali kita merasakan kelegaan tersendiri, walaupun tidak menyelesaikan masalah namun beban yang ada terasa berkurang setelah kita mengungkapkan persoalan yang kita alami.

Dalam lingkup Psikologi kegiatan curhat adalah sarana katarsis yang sangat diperlukan, karena hal ini merupakan cara kita untuk membangun komunikasi yang baik dan salah satu sarana mengekspresikan diri dengan mudah dan murah.

Bahkan dewasa ini, ada sebuah ilmu Psikologi Komunikasi yang mempelajari hubungan dengan diri sendiri (Intrapersonal), hubungan antara komunikan dan komunikator (Interpersonal), dan Komunikasi kelompok.

Tentu dengan adanya ilmu ini, mempermudah kita agar mampu berinteraksi dengan baik dan meminimalisir kesalahpahaman dalam komunikasi, termasuk curhat ini, sebab kesalahan penyampaian ketika curhat bahkan dapat menimbulkan perbedaan makna atau sering sisebut 'miss comunication'.

Melalui curhat, akan terbentuk kelekatan emosi yang baik antara pendengar dan yang menyampaikan. Bagi pendengar, ia akan merasa bahwa dirinya dipercaya seseorang dan mampu merasakan empati, lalu bagi yang menyampaikan ia akan merasa dihargai, didengarkan, dan dipedulikan oleh orang di sekitarnya.

Dalam sebuah hubungan, kelekatan diperlukan untuk membuat kita semakin nyaman berada didalamnya, tidak hanya antara kekasih, namun hubungan antara ibu dan anak, teman pekerjaan, dan lingkungan sekitar juga sangat penting bagi kelancaran sosialisasi.

Curhat dapat dijadikan langkah awal untuk kita mengenal lebih dalam pribadi seseorang dan memahami bagaimana harus bertindak kepada orang tersebut.

Meskipun dirasa hanya hal kecil, yaitu dengan bercerita dan mendengarkan namun terbukti curhat mampu merubah pemikiran kita kepada orang lain, yang awalnya mungkin kita memiliki prasangka buruk terhadap seseorang bahkan dapat berubah menjadi teman dekat ketika terbangun kecocokan dalam berkomunikasi.

Sayangnya tidak semua orang mampu mengungkapkan masalah hidupnya kepada orang lain dengan berbagai alasan misalnya takut aibnya dibongkar, takut ditertawakan, atau tidak tahu harus bercerita dengan siapa. Malangnya meskipun dirasa sepele, namun banyak terjadi kasus bunuh diri karena korban tidak tahu harus membagi beban hidupnya dengan siapa.

Sebab faktanya, kita memang perlu menemukan teman yang benar-benar mampu kita percaya untuk dapat menjaga dengan baik rahasia yang kita miliki, karena jika kita memilih tempat curhat yang salah maka itu dapat menjadi 'boomerang' sendiri untuk kita, keluh kesah kita dapat ditambah dan dikurangi untuk mempermanis cerita yang dibeberkan kepada khalayak.

Tentu hal ini bukan mengurangi beban kita namun melipatgandakannya, maka dari itu penting untuk kita memilih tempat yang pas untuk mengutarakan permasalahan yang berat.

Curhat merupakan salah satu metode konseling yang sering digunakan para Psikolog untuk menyelesaikkan masalah kliennya, ketika seorang klien percaya pada Psikolog yang ia datangi dan mampu menceritakan masalah hidupnya tanpa ada yang disembunyikan, maka hal ini akan memudahkan Psikolog untuk membantunya mencari solusi untuk permasalahan yang dihadapi, sebaliknya ketika klien bercerita namun masih banyak topeng atau cerita yang disembunyikan, maka akan memperlambat kerja Psikolog untuk membantunya keluar dari masalah. 

Kita tidak boleh lupa, bahwa hidup adalah rangkaian masalah, seiring waktu masalah akan silih berganti tanpa berhenti terus ada dalam hidup, namun setiap masalah selalu memiliki jalan keluarnya dan mau membuka diri untuk menceritakan persoalan hidup merupakan salah satu solusi agar kita dapat memahami dan mensyukuri, bahwa masih banyak orang yang peduli, sayang pada kita, dan mau membantu kita. Lalu sudahkah anda curhat hari ini?