Saya sebagai pengguna booking.Com, akhir tahun 2020 ini telah melakukan 2 kali pemesanan dengan pengalaman yang berbeda, yang pertama berhasil melakukan pemesanan dan memuaskan. Pemesanan kedua, kami gagal mencari alamat penginapan dan susah melakukan kontak ke properti.
Kronologis
Pengalaman Pertama
Saya berencana menginap untuk liburan akhir tahun 2020 di luar Jakarta, namun karena pandemi dan himbauan pemerintah, akhirnya kami putuskan utk liburan di Jakarta saja, dengan syarat ada kolam renang (karena liburan keluarga, dan anak-anak suka berenang)
Saya mencari diberbagai aplikasi online yang menyediakan properti untuk bisa disewa harian. Akhirnya booking.Com menjadi pilihan yang pas, karena properti yang disediakan sesuai dengan harapan. Setelah mencari, akhirnya didapatkan sebuah penginapan di sekitar cilandak, Widjoyo Rahayu Cilandak 8A.
Tempatnya cukup bersih dan tenang, kami sangat puas ditempat ini. Recomended untuk penginapan keluarga.
Pengalaman kedua
Karena Booking.com sdh memberikan pengalaman yang baik, saya pesan penginapan lagi untuk hari kedua berikutnya.
Kami mencari apartemen yang tentunya ada kolam renangnya, akhirnya kami menentukan sebuah pilihan, dengan alamat di Jl. Kalibata Timur No 1.(sesuai aplikasi). (Apartemen JNPro)
Kami berangkat dari cilandak menuju kalibata sesuai dengan lokasi apartemen, kami diarahkan melalui jalan dipinggiran rel kereta api untuk menuju lokasi. Dan setelah sampai, sesuai peta dari google map, kok tidak ada apartemen tersebut. Mengapa apartemennya ngga ada? Pasti salah ini, akhirnya saya kontak ke pemilik properti. 3 kali telp tidak bisa, seperti tidak on HP nya dan WA tidak di reply juga, deliver dan diread tapi tidak centang hijau.
Saya coba pastikan lagi alamatnya, saya buka booking. Com untuk memastikan alamatnya, saya cari lagi alamat dan klik lokasi di aplikasi tersebut, dan tetep diarahkan ke jl. Kalibata timur no 1. Saya muter lagi ke peta yang ditujukan.
Saya nanya warga lokal, dan tidak ada apartemen di area yang ditunjukkan oleh GPS.
Perang batin timbul dengan situasi ini. Apakah ini alamat palsu? Sehingga dengan sengaja memberikan alamat palsu dan mematikan kontak HP nya? Karena sudah capek mencari dan mencari, saya berinisiatif untuk membatalkan saja, berharap uang kembali.
Akhirnya saya batalkan pemesanan di JNPro ini, dan diinformasikan "Anda berhasil membatalkan pesanan ini, namun uang tidak dikembalikan"
Saya sangat kecewa untuk pemesanan kedua ini di JNPro ini. Karena sangat membingungkan customer dan memberikan alamat dan kontak yang tidak berguna sehingga saya gagal melakukan pesanan, dan uang saya sampai hari ini belum kembali. Dan berpotensi ilang.
Itulah pengalaman dari saya, semoga tidak kejadian dengan anda.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI