Mohon tunggu...
Satriya Pranata
Satriya Pranata Mohon Tunggu... Abdullah

Menebar manfaat untuk umat

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Pentingnya Komite Keperawatan dan Jenjang Karier Perawat di Rumah Sakit

5 Agustus 2020   06:26 Diperbarui: 5 Agustus 2020   06:23 15 4 1 Mohon Tunggu...

Kepuasan serta keamanan pasien menjadi hal yang penting disuatu layanan kesehatan, tak terkecuali rumah sakit di daerah. Rumah sakit sebagai institusi pemberi jasa kesehatan berhubungan secara luas dengan aspek pelayanan publik yang melayani kesehatan masyarakat, pernyataan tersebut selaras dengan UU No 44 tahun 2009 yang menyatakan bahwa rumah sakit diwajibkan untuk memberi pelayanan perorangan secara paripurna. UU RS di Indonesia juga mengamanatkan bahwa RS diharuskan untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan secara terus menerus.

Perawat merupakan suatu perofesi yang memiliki andil yang besar untuk mencapai cita-cita luhur pembangunan kesehatan saat ini. Bahkan Potter & Perry (2005) menyampaikan bahwa keberhasilan pelayanan kesehatan bergantung pada partisipasi perawat dalam memberikan perawatan yang berkualitas bagi pasien. 

Kondisi tersebut terkait dengan keberadaan perawat yang bertugas selama 24 jam melayani pasien, serta jumlah perawat yang mendominasi tenaga kesehatan di rumah sakit, yaitu berkisar 40 -- 60 % (Swansburg, 2000). 

Dengan kondisi tersebut, rumah sakit perlu melakukan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) perawat dengan memperhatikan dan meningkatkan mutu serta kompetensi perawat di rumah sakit agar dihasilkan tenaga keperawatan yang professional.

Kendala yang dihadapi oleh rumah sakit untuk mencapai tenaga keperawatan professional saat ini adalah semangat kerja perawat yang tidak begitu besar.

 Perawat dengan kemampuan yang baik tidak mendapatkan tempat yang seharusnya di rumah sakit karena sistim jenjang karir belum terlaksana, akibat dari kondisi tersebut maka semangat kerja dan keinginan untuk memajukan kemampuan diri perawat tidak dapat di capai sehingga berpengaruh juga terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh tenaga keperawatan di rumah sakit. 

Jenjang karir merupakan suatu sistem untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme perawat sesuai bidang pekerjaannya melalui peningkatan kompetensi. 

Pengembangan jenjang karir ini sangat dibutuhkan karena dapat menempatkan perawat sesuai keahlian dan potensinya, menyediakan kesempatan untuk berkembang, meningkatkan kualitas kerja perawat, dan salah satu penentu dari kepuasan kerja.

Jenjang karir dapat terlihat jelas dengan adanya sistim yang di bentuk berdasarkan jenjang perawat klinik (PK), perawat pendidik dan perawat peneliti. 

Perawat yang memiliki semangat belajar, semangat bekerja dan semangat berkompetensi yang tinggi akan mampu mencapai tingkatan perawat klinik dengan kompetensi yang tinggi pula sehingga berpengaruh juga terhadap besarnya insentif yang diterimanya di rumah sakit. 

Selain itu, dengan pembentukan sistim jenjang karir yang baik, obyektifitas pemangku kedudukan untuk memberikan kewenangan klinis dapat berjalan dengan baik pula, tanpa terbeban pada kedekatan beberapa perawat dengan petinggi rumah sakit. Kondisi inilah yang dapat memicu kepuasan kerja perawat nantinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN