Gaya Hidup Pilihan

Vitamin Anak Untuk Menyiasati Anak Susah Makan

26 September 2018   14:36 Diperbarui: 14 November 2018   10:47 16539 1 0
Vitamin Anak Untuk Menyiasati Anak Susah Makan
verywellhealth.com

Apakah vitamin anak benar-benar di perlukan? anak pada masa tumbuh kembang biasanya membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup. Karena pada masa pertumbuhan, orang tua dituntut untuk lebih memperhatikan kondisi anak dengan baik. Terkadang ada orang tua yang terlalu cuek dan meremehkan kondisi anak. Ada juga yang berlebihan dalam mendampinginya. Dan ini dapat berdampak pada masa tumbuh kembang anak yang tidak maksimal. 

Sehingga, sebaiknya kenali kondisi anak dengan baik agar dapat menentukan langkah yang tepat untuk si kecil. Di zaman yang serba modern ini, banyak sekali pilihan untuk solusi kesehatan anak. Oleh karena itu, para orang tua dituntut untuk mengenali kondisi anak dengan baik agar tidak salah dalam memutuskan obat atau suplemen untuk anak. Suplemen vitamin anak juga sudah banyak dijumpai di apotek atau minimarket terdekat. Suplemen tambahan biasanya diberikan sebagai solusi anak susah makan. 

Suplemen Tambahan, Perlukah?

Namun, hal tersebut juga tidak baik jika tidak mengenali kondisi anak. Memang benar anak-anak yang susah makan biasanya asupan nutrisi dan vitaminnya kurang. Jika anak hanya sehari atau dua hari tidak nafsu makan maka langkah yang tepat adalah dengan mengganti pola makan yang lebih menarik. Makanan yang itu-itu saja bisa menjadi penyebab anak tidak nafsu makan sehingga anak bosan. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi lebih baik memberikan asupan makanan yang lebih bervariasi untuk si kecil, bisa ditambah dengan membentuknya lucu-lucu seperti boneka dan lain sebagainya. Makanan pun juga lebih baik dibiasakan mengonsumsi yang mengandung kebutuhan vitamin anak, seperti sayuran dan buah. 

Pada sayuran hijau yang kaya akan vitamin anak tersebut sangat mudah ditemukan dan diolah menjadi makanan yang menarik. Sudah banyak resep makanan sehat untuk anak di dalam majalah atau media internet. Karena anak-anak memang mudah bosan dan pemilih dalam hal makan ketika memasuki fase tumbuh kembangnya. Jadi, para Ibu bisa lebih peka terhadap perubahan yang terjadi pada si kecil. 

Anak-anak juga mudah dibujuk jika kita melakukan pendekatan yang lembut dan jelas. Apabila terpaksa harus memberikan asupan suplemen vitamin anak tambahan agar anak mau makan lahap kembali, langkah yang paling bisa untuk dijadikan pendoman adalah rajin mencari tahu. Kenali kandungan pada produk vitamin anak yang akan dipilih. Kemudian cari tahu dengan banyak membaca review tentang produk tersebut sehingga aka nada pandangan yang lebih untuk produk vitamin anak yang akan dibeli. 

verywellhealth.com
verywellhealth.com

Waktu yang Tepat Memberikan Vitamin Anak Tambahan

Bisa juga dengan bertanya kepada teman atau sanak saudara saat akan memilih produk suplemen vitamin tambahan untuk anak. Biasanya cara tersebut lebih memberi keyakinan pada diri bahwa produk tersebut aman dan baik untuk anak. Namun kebanyakan produk vitamin anak biasanya memiliki rasa yang tidak enak dan beraroma kurang sedap. Sehingga ada beberapa anak yang tidak mau mengonsumsi karena memiliki rasa yang tidak bersahabat dengan lidah anak. 

Tetapi juga banyak suplemen vitamin anak yang memiliki rasa yang manis dan enak, jadi tidak perlu khawatir untuk menemukannya. Pengalaman pertama memiliki anak merupakan momen penting yang kaum Ibu perhatikan. Dari ujung kepala hingga kaki anak bisa menjadi tanda kesehatan. Sehingga mendampingi anak tumbuh kembang memang membutuhkan kesabaran yang lebih. 

Agar tercukupi kebutuhan tubuh anak dengan baik maka memberikan yang terbaik untuk si kecil sejak dini adalah yang paling utama. Karena kesehatan dan kebahagiaan anak merupakan rezeki yang sangat banyak bagi orang tua.