Mohon tunggu...
Sandi Saputra
Sandi Saputra Mohon Tunggu... Konsultan - Tenang saja, aku hanya belajar.

Mahasiswa S2 yang sedang menjalani mimpinya di Kutub Utara

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Women's Day di Kutub Utara, Arkhangelsk, Russia

11 Maret 2019   03:51 Diperbarui: 11 Maret 2019   03:54 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Minum teh dan bagi bagi hadiah

Di keluarga gue bukan suatu tradisi yang umum untuk menyelenggarakan suatu perayaan yang dirasa asing atau bukan suatu yang penting. Namun di sini, di Arkhangelsk adalah hal yang berbeda. Di sini ada banyak perayaan yang sebenarnya hampir sama dengan di Indonesia hanya saja di sini lebih banyak dan bentuk perayaannya lebih personal. Salah satunya adalah hari perempuan internasional yang di dalam bahasa Russia disebut   (zenski den).

Kelas kami terdiri dari kurang dari 15 orang dari berbagai negara Kamerun, Vietnam, Jepang, Pakistan, India, Nigeria, Zimbabwe, Uzbekistan dan Indonesia. Jika ada yang bertanya mengapa tidak ada orang Russianya ?karena kami kelas persiapan, jadi pastinya adalah mahasiswa internasional yang sedang mempersiapkan untuk menempuh Sarjana, Master dan Doktor, sedangkan di kelas lain, kami bertemu dengan orang-orang russia.

Kado untuk perempuan
Pada hari perempuan, sudah menjadi tradisi di sini untuk memberikan hadiah ke pada perempuan, baik yang kita kenal baik, pacar, sahabat, istri bahkan seseorang yang tidak kita kenal. Kemarin, teman gue dari Jepang, Namanya Taisuke memberikan kado kecil berisi cokelat asli Russia ke pada semua wanita yang ada di kelas. Olga, dosen bahasa Russia gue memberikan body lotion, eh betewe dosen gue cantik, mulus dan yang terpenting single! Hahahaa. Sedangkan gue, ngebeliin cokelat Dove untuk teman teman umum, cokelat klasik untuk temen deket dan juga buat Olga tercinta gue kasih cokelat klasik sama bunga mawar merah hehehe.

Tidak hanya di kampus, women's day juga berasa di seluruh sudut kota termasuk di mall. Ketika gue lagi maen pada hari sabtu dengan Sha, she is cute Chinese by the way, ada sekelompk orang yang membagikan bunga mawar dengan gratis yang biasanya dijual dengan harga yang lumayan mahal, sekitar 150 rubble atau sekitar 32 ribu rupiah untuk satu tangkai. Ini china senenglah, gratis wkwkwk.

Louis dari Nigeria lagi makan Marabak Telor
Louis dari Nigeria lagi makan Marabak Telor
Martabak telor!
Kalo lu semua yang baca di sini one day ketemu gue, pastiin lu minta masakin sama gue! Dijamin kalian bakal suka! Sombong, hahahaa. Jadi kita sepakat unuk bawa makanan ke kelas. Gue masak martabak telor, kok bisa? Simple kan bahannya, cuma telor, daun bawang, bawang bombai dan ayam,nah kalian pasti mikir kulitnya? Di sini ada yang namanya Saurma atau , nah kulitnya itu bisa pake kulit  itu. Gue seneng banget karena, martabak telor gue habis dalam hitungan detik dan mereka minta gue masak lagi di lain waktu! Gue ngakak, anjir gue bilang dalam hati, ini kalian ternyata orang-orang pecinta MSG hahaa.

Jadi itulah cerita kecil women's day dari kota kutub utara, Arkhangelsk. See you di tulisan gue selanjutnya.


Sha dapet bunga dari orang tidak dikenal
Sha dapet bunga dari orang tidak dikenal

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun