Mohon tunggu...
Sahrul Nurcholis
Sahrul Nurcholis Mohon Tunggu... Lainnya - RESTFULL
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Restfull solusi atasi insomnia anda

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Manfaat Ekstrak Pala untuk Kesehatan Tubuh - Restfull

16 Oktober 2021   10:48 Diperbarui: 16 Oktober 2021   10:57 69 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Banyak orang mungkin tidak mengetahui ternyata buah pala mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Buah pala atau myristica fragrans adalah rempah-rempah asli  yang berasal dari benih pohon cemara tropis.

Gada adalah penutup luar atau aril dari biji pala yang juga mengandung zat gizi esensial dan memiliki kegunaan tersendiri dalam dunia kuliner dan pengobatan. Seperti dikutip dari Boldsky, berikut 7 manfaat dari buah pala untuk kesehatan.

1.Mengurangi Peradangan

Senyawa felonik yang terkandung dalam buah pala telah menunjukan anti inflamasi, sehingga buah pala ini dapat menurunkan peradangan didalam tubuh.

2.Mampu Melawan Infeksi Bakteri

Sebuah penelitian telah menunjukan bahwa ekstrak buah pala menunjukan efek antibakteri, yang menyebabkan gigi berlubang dan peradangan gusi.

3.Meningatkan Libido

Sebuah studi yang diterbitkan oleh BMC  Complementary Medicine and Therapies menyebutkan bahwa ekstrak buah pala dapat meningkatkan kinerja sosial dan aktivitas seksual.

4.Mampu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penelitian yang telah dilakukan pada hewan menunjukan bahwa asupan suplemen pala dosis tinggi dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigriserida, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Namun, untuk diterapkan pada manusia diperlukan penelitian lebih lanjut.

5.Melawan Stres Oksidatif

Kandungan antioksidan yang kuat pada buah pala dapat melindungi sel dari radikal bebas. Hal ini  merupakan pemicu timbulnya stres oksidatif yang dapat berkaitan munculnya penyakit serius seperti jantung dan kanker.

6.Dapat Mengontrol Kadae Gula Darah

Penelitian yang di uji cobakan pada tikus  yang diberi 100 dan 200mg /kg ekstrak pala dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Namun untuk manusia harus dilakukan penelitian lebih lanjut lagi.

7.Meningkatkan Mood

Penurunan mood jadi penyebab timbulnya depresi. Depresi adalah penyakit mental yang banyak menyerang  kebanyakan orang.  Penelitian menunjukan bahwa ekstrak buah pala dapat menunjukan aktivitas antidepresian. Meskipun penelitian telah dilakukan pada hewan, penelitian lebih lanjut perlu juga diperlukan untuk mengevaluasi efek dari antidepresian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan