Mohon tunggu...
Safira Wijaya
Safira Wijaya Mohon Tunggu... Mahasiswa

love live life

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pandemi Covid-19 Memengaruhi Aktivitas Pembelajaran di Kampus

17 Januari 2021   17:21 Diperbarui: 17 Januari 2021   17:23 36 3 0 Mohon Tunggu...

Pandemi merupakan sebuah wabah yang terjadi di masyarakat dan menyebabkan terjadinya penularan. Saat ini dunia sedang dilanda pandemi Covid-19 yang keberadaan dan penyebarannya masih eksis untuk tetap dapat menginfeksi siapa saja yang tidak menjaga kesehatan dan tidak mematuhi protokol kesehatan.

Pandemi Covid-19 telah mengubah segala bentuk aktivitas di setiap bidang kehidupan, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Keberlanjutan aktivitas pendidikan di sekolah dan kampus dilakukan dengan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital sehingga para mahasiswa dan dosen dapat melakukan pembelajaran dari tempat yang berbeda-beda tanpa harus bertemu secara langsung.

Dalam kondisi pandemi, mahasiswa melakukan setiap kegiatan kampus menggunakan teknologi berbasis komputer dan digital. Saat melakukan pembelajaran dengan dosen yang mengharuskan tatap muka, digunakan aplikasi tatap muka dan diskusi online seperti Zoom dan Google Classmeet. 

Untuk media penunjang pembelajaran yang lainnya dapat menggunakan Google Classroom dan Web Universitas. Media ini dapat digunakan untuk mendapatkan dan mengumpulkan tugas harian, serta materi pembelajaran sampai dengan e-book. Karena semua kegiatan yang mengharuskan menggunakan platform digital, kampus memberikan bantuan berupa kuota internet gratis kepada mahasiswa setiap bulannya.

Pembelajaran jarak jauh memiliki kelebihan yang dapat dirasakan salah satunya adalah tidak dilakukannya pembelajaran secara langsung sehingga mahasiswa dapat melakukan pembelajaran hanya dari rumah serta tidak terbebani oleh biaya transportasi dan makan. Namun, pembelajaran secara daring juga memiliki kendala yang cukup mengganggu jalannya pembelajaran seperti sering terhambatnya koneksi jaringan internet. Saat terkendala koneksi yang buruk, aktivitas pembelajaran menjadi terhambat.

Aktivitas pembelajaran daring juga sangat berpengaruh pada prestasi akademik mahasiswa. Ada mahasiswa yang merasa lebih nyaman dengan sistem tersebut sehingga meningkatkan prestasi akademik, dan ada mahasiswa yang merasa pembelajaran jarak jauh membuat prestasi belajarnya menurun. Hal ini dikarenakan mahasiswa tersebut lebih dapat menangkap materi pembelajaran yang dipaparkan oleh dosen secara langsung. Mahasiswa dengan daya tangkap seperti ini juga berpendapat pembelajaran secara daring terasa membosankan dan membuat semangat belajar menurun.

Tetapi dalam situasi pandemi seperti saat ini, sistem pendidikan tersebut adalah hal yang terbaik untuk diterapkan. Ada baiknya kita semua mengedepankan keselamatan dan kesehatan bersama dan melawan rasa bosan dalam sistem pembelajaran tersebut. Diharapkan dengan pemberlakuan sistem ini dapat mengurangi dan menghambat laju pertumbuhan Covid-19 dan segala aktivitas yang terhambat dan tertunda dapat dilakukan kembali secara normal seperti seharusnya.

VIDEO PILIHAN