Mohon tunggu...
Rezky Aryani
Rezky Aryani Mohon Tunggu... Mahasiswa - 22107030005 | UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Kalian Tim Bakso dengan Racikan Jeruk Nipis atau Tidak?

17 Maret 2023   14:40 Diperbarui: 17 Maret 2023   14:44 1210
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: liputan6.com dan intipseleb.com

Makan bakso pas hujan-hujan, cuaca dingin, memang gak ada obat! Kuah kaldu yang hangat dengan bola-bola daging yang mantap. Siapa sih yang bisa menolak sang primadona, bakso.

Bakso adalah makanan favorit semua kalangan. Penjual bakso sangat sering bersanding dengan menjual mie ayam, paket komplit yang menjadi pilihan. Siapa di sini yang kalau bingung lagi mau makan apa sewaktu jalan-jalan, pilihan tak lain dan tak bukannya adalah bakso? Haha, sama nih seperti aku.

Bayangkan, teman-teman! Bagaimana gurihnya kuah bakso yang hangat. Apalagi jika diracik dengan campuran kecap, sambal, dan jeruk nipis. Wah, rasanya segar asem-asem pedas.

Tapi kalian tahu tidak sih, ternyata di beberapa kota ada loh yang tidak terbiasa dengan makan bakso plus dengan racikan perasan jeruk nipis. Ya, itulah salah satu kekagetan yang aku rasakan sewaktu pertama kali merantau di Jogja.

Sepertinya orang-orang tidak terbiasa untuk makan bakso dengan perasan jeruk nipis yang segar aduhai itu. Pengalaman ini aku dapatkan sewaktu pertama kali merantau di Jogja dan menyempatkan diri untuk makan bakso di dekat kosan.

Awalnya aku pikir jeruk nipis itu memang belum didisplay di atas meja, jadilah aku memintanya ke abang-abang bakso. Ternyata, abang-abang bakso bilang mereka gak punya jeruk nipis! Ok baiklah, apa mereka memang tidak makan bakso dengan racikan jeruk nipis? Atau abang-abang bakso saat itu memang lagi gak punya stok jeruk nipis?

Akhirnya, aku memakan bakso pertamaku di Jogja tanpa racikan jeruk nipis. Bye bye kesegaran pedes-pedes asem yang kubangga-banggakan, hiks.

Hingga pada akhirnya aku menyempatkan diri untuk makan bakso lagi di kedai yang berbeda. Lagi lagi, aku tidak menemukan jeruk nipis. Dari situlah aku yakin bahwa orang Jogja memang tidak terbiasa dengan makan bakso racikan jeruk nipis.

Hal itu dibenarkan oleh temanku yang asli Jogja, karena penasaran aku menanyakannya. Katanya benar, dia justru heran aku selalu menyayangkan jeruk nipis yang tidak ada di kedai-kedai bakso Jogja. Justru berkebalikan, aku yang merasa heran dia tidak menyayangkan hal tersebut, hahaha.

Jadi, setiap makan bakso ke kedai, rasanya ingin membawa satu buah jeruk nipis untuk diriku pribadi, haha.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun