Mohon tunggu...
Bude Ruri
Bude Ruri Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Hidup bermanfaat lebih beruntung

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Dapatkah Sholat Berjamaah Sambil Momong? Berikut Caranya

26 Agustus 2021   19:25 Diperbarui: 26 Agustus 2021   19:35 86 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dapatkah Sholat Berjamaah Sambil Momong? Berikut Caranya
ilutrasi gambar diambil dari umma.id

Dapatkah Sholat Berjamaah Sambil Momong,

Berikut  Caranya

Kewajiban kita sebagai orang tua adalah menanamkan kebiasaan baik pada anak usia dini, hal-hal kecil yang bisa diajarkan anak usia balita salah satunya lewat ucapan, melafadzkan doa setiap melakukan pekerjaan sangat dianjurkan, misalnya setiap akan melakukan sesuatu diawali dengan basmalah dan jika selesai diahiri dengan hamdalah.

Hal yang sering kita lakukan sebagai orang tua ketika menyuapi anak usia balita, maka kita mengucapkan doa, demikian juga setelah selesai. Misalnya lagi menjelang tidur, biasakan anak mengucapkan doa. Dengan kebiasaan membaca doa akan membentuk karakter anak. Pembentukan karakter dimulai dari keluarga, dibawah asuhan orang tua yang bijak anak akan mempunyai perilaku yang baik.

Sejauh mana kedekatan orang tua terhadap anak adalah cerminan pengasuhannya, sebagai ibu kita-lah madrasah pertama bagi anak. Demikian juga ketika kita mengenalkan kewajiban rukun islam yang kedua yaitu sholat.

Sebagai seorang muslim kita berkewajiban untuk melakukan rukun islam yang kedua, sedini mungkin kita kenalkan sholat pada anak. Dengan mengajak mereka sholat maka kita telah menanamkan kebiasaan baik. Untuk itu ada baiknya juga  kita mengajak balita kita melakukan sholat jamaah baik di rumah, di musholla atau di masjid.

Sebagai seorang bunda yang mempunyai balita, sholat berjamaah akan menjadi jarang dilakukan karena terhalang oleh balita yang kita asuh. walaupun bukan kewajiban, namun jika sudah menjadi kebiasaan berjamaah menjadi sayang kalau tiba-tiba kita tidak berjamaah. 

Rumah saya kebetulan dekat dengan masjid, saking dekatnya hanya beberapa langkah saja sudah sampai di masjid. Sebagai muslim kita tahu bahwa  sholat berjamaah pahalanya lebih banyak 27 kali lipat, dibanding sholat sendirian, untuk itu walaupun usia  balitaku  belum genap satu tahun aku mengajaknya untuk sholat berjamaah.

Pertanyaannya, dapatkah kita melaksanakan sholat berjamaah sambil membawa balita kita ? disini saya akan berbagi pengalaman, dengan melakukan hal-hal sebagai berikut :

ilustrasi diambil dari Republika .co.id
ilustrasi diambil dari Republika .co.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan