Mohon tunggu...
Rully Moenandir
Rully Moenandir Mohon Tunggu... Seorang ayah dari 4 anak dan 1 istri, yang bekerja di bidang industri televisi dan film, serta suka sekali berbagi ilmu dan pengalaman di ruang2 khusus sebagai dosen maupun pembicara publik. Baru buat blog baru juga di https://rullymoenandir.blogspot.com/, setelah tahun 2009 blog lamanya hilang entah kemana

Seorang ayah dari 4 anak dan 1 istri, yang bekerja di bidang industri televisi dan film, serta suka sekali berbagi ilmu dan pengalaman di ruang2 khusus sebagai dosen maupun pembicara publik. Baru buat blog baru juga di https://rullymoenandir.blogspot.com/, setelah tahun 2009 blog lamanya hilang entah kemana

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Resep Nasi Goreng Super Seafood

23 Maret 2019   14:36 Diperbarui: 23 Maret 2019   18:13 0 0 0 Mohon Tunggu...
Resep Nasi Goreng Super Seafood
Dokpri

Kalau sudah weekend itu, seringkali kelupaan kalau ternyata dari pagi, siang, sampai sore menjelang malam ternyata jadwal penuh dengan Undangan sana sini. 

Resepsi pernikahan lah, Sukuran Rumah Baru, Reuni atau kumpul-kumpul alumni ini itu, sampai ke acara Sunatan atau Akikahan, lengkap bikin kita pontang-panting atur durasi karena inginnya semua undangan tadi bisa kita hadiri demi menghargai yang punya acara dan ketemu teman atau rekan kerja tentunya diluar jam formal harian.


Ya gimana lagi, lupa model gini ini seringkali terjadi sejak kalau menghadiri acara itu 1 dekade terakhir ini cuma sedia amplop (dengan isinya tentu) saja, tidak seperti dulu yang sejak terima undangan sudah sibuk cari kado sebagai hadiah buat yang punya hajat. Sekarang, kalau kita tidak nge-cek meja tempat undangan-undangan tadi tersimpan rapi, blas....pontang-panting kaget karena baru inget, atau lemes karena ternyata sudah kelewatan acaranya.

Hal yang seharusnya gak terjadi di jaman canggih, karena bisa kita catat manual di reminder smartphone kita, atau sekedar usul buat yang undang bisa dibuatkan event saja lewat email yang sudah terkoneksi, jadi langsung masuk ke reminder di smartphone orang-orang yang diundang (kayaknya hal ini bakal kejadian juga sih 2-3 tahun kedepan, menurut ramalan Ki Moenandir), karena jelas mendukung pelestarian lingkungan karena gak pake lagi kertas buat undangan plus irit biaya cetak, hehehehehe

Oh ya, 1 hal lagi yang berdampak besar adalah...SUDAH MASAK NASI di Rice Cooker sejak habis subuh, yang pastinya bakalan gak kemakan hari ini dan rasanya gak seenak kalau dimakan hari ini kalau dibesokin. Gitu sih ya biasanya (maklum rice cooker model jadul, bukan yang canggih dan keren kayak jaman sekarang).

====

Nah, akhirnya karena kami sekeluarga juga kadang kurang "sreg" buat makan nasi putih yang seharian gak disentuh...biasanya sih kami puter otak buat ngolah nasi putih tadi jadi bukan lagi nasi putih biasa.

Kali ini, kita coba bikin Nasi Goreng Super Seafood yah, soalnya rencana kemarin memang bikin olahan laut buat temen makan nasi putihnya. Karena kepenuhan "makan enak diluar", jadinya nasinya dibikin nasgor deh...Yuk, siapin bahan-bahannya dulu.

BAHAN UTAMA NASI GORENG

1. Kurang lebih 5 piring nasi putih
2. Sekitar 4-5 siung bawang putih, cincang halus
3. Sekitar 4-5 siung bawang merah, iris halus
4. (sesuai kebutuhan) 2-3 butir telur
5. (sesuai selera) 5-10 buah udang kupas ukuran sedang
6. 2-3 cabe merah keriting
7. 2 buah Tomat segar
8. (sesuai selera) bakso ikan 5-10 butir, dipotong bagi 3
9. (sesuai selera) sosis sapi serbaguna, 2-3 buah dipotong bagi 4
10. Daun bawang dan seledri sesuai selera, diiris-iris
11. Saus Tiram
12. Kecap Manis
13. Garam
14. Penyedap Rasa (sesuai selera)
15. Margarin/ Minyak Goreng
16. Kerupuk bawang kecil, untuk pendamping (sesuai selera)

Dokpri
Dokpri
CARA MEMASAK

1. Goreng dulu Kerupuk, lalu tiriskan (maksudnya, biar duluan dingin dan miyaknya sudah tiris nanti ketika disantap bersama nasi goreng)
2. Oseng Bakso ikan, Sosis, Dan Udang bersama bawang putih dan garam secukupnya, hingga setengah matang.
3. Panaskan minyak goreng/margarin secukupnya, lalu tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum lalu masukkan saos tiram, dan osengan bakso-sosis-udang.
4. Masukkan nasi putih, lalu aduk hingga merata.
5. Masukkan telur satu per satu, aduk hingga merata.
6. Tambahkan lagi saos tomat, saos tiram, kecap manis, cabe merah keriting, daun bawang, garam, tambahkan penyedap rasa jika perlu.
7. Aduk semua hingga matang.

Dokpri
Dokpri
CARA PENYAJIAN

1. Siapkan piring, yang sudah dihias dengan potongan tomat segar yang sudah diiris 4-5 bagian.
2. Cetak dalam mangkok kecil nasi goreng tadi
3. Taburkan kerupuk bawang disamping
4. Sertakan saos tomat atau saos sambal jika diperlukan
5. Foto-foto Makanannya yang cakep
6. Santap

Dokpri
Dokpri

====

Nah, beres deh, nasi putih kemarin yang gak tersentuh bisa disulap jadi nasi berwarna tanpa pusing lagi masak-masak lauknya yang sebelumnya sudah disiapkan. Semua jadi 1, lebih spesial karena terlihat padat nasi gorengnya, cukup buat seharian...SUPER SEAFOOD bukan?

Dokpri
Dokpri


Bon appetit !!








KONTEN MENARIK LAINNYA
x