Cahya Nugraha
Cahya Nugraha Mohon Tunggu... Human Resources - Suka naik gunung, camping, jalan-jalan, makan-makan. @rubikomugglo

Baru menjelajahi 18 dari 17.000 pulau di Indonesia. Blog: rubikomugglo.weebly.com Twitter: @rubikomugglo Instagram: rubikomugglo

Travel Story Pilihan

Indahnya Matahari Terbit dan Pemandangan Bawah Laut Tulamben

2 Mei 2016   12:04 Diperbarui: 2 Mei 2016   12:15 322

Ini mungkin terjadi sekitar beberapa bulan yang lalu. Sebelum peristiwa ini, jujur saya tidak berniat sekalipun untuk menjelajah Indonesia dikarenakan pengetahuan saya mengenai Indonesia yang itu-itu saja. Tetapi setelah kejadian ini, saya mulai memahami bahwa Indonesia tidak hanya Jawa dan Kalimantan, saya lahir di negara yang jumlah pulaunya 17.000 lebih dan saya baru menjejakkan ke 3 pulau saja. Sungguh ironis. Perjalanan ini sungguh menjadi titik balik saya dalam mengenal Indonesia lebih dalam, lebih luas, lebih detail dan lebih dekat.

Perjalanan dari Jogja ke Bali kami tempuh dengan mobil, hampir 24 jam perjalanan ! Lumayan panjang. Dari Jogja, saya pergi menjemput abang saya di Semarang beserta istri dan anaknya, kali ini kita akan piknik jauh ke Bali.  Dari Semarang, kami mengendarai mobil ke Banyuwangi hingga tiba pada keesokan harinya, kami menyeberang dari Banyuwangi menuju Bali melalui Pelabuhan Ketapang kalau tidak salah. Satu jam kami terombang ambing diatas kapal dengan awan mendung yang kampir siap menurunkan hujannya. Setelah mencapai Pelabuhan Gilimanuk di Bali, kami lalu berkendara menuju Denpasar menempuh perjananan yang memakan waktu sekitar 4 jam lagi, tetapi tak lupa kami sempatkan menikmati kuliner sederhana dekat dengan Pelabuhan Gilimanuk sebelum menuju Denpasar.

Perjalanan berlangsung lama, tetapi pemandangan senja Bali saat itu sangat menawan, ditemani truk-truk besar dijalanan. Sampai di tempat kita menginap yaitu PopHotel, kami langsung beristirahat. Kami tak sempat untuk berjalan-jalan lagi karena sudah terlalu lelah. Keesokan harinya, perjalanan dimulai. Target pertama adalah Elephant Park, perjalanan cukup menyita waktu tapi tetap menyenangkan karena pemandangan Bali sangat indah, sawah-sawah, orang orang bali dengan baju adatnya, selalu menemani kami hingga kami sampai ke Elephant Park. Ketika telah sampai di Elephant Park, saya terkejut karena pengemasan kawasan wisata di Bali sungguh sangat baik, rapi, bersih dan professional. Sedikit agak mahal tetapi sesuai dengan segala fasilitas yang diberikan.

Pengalaman menaiki gajah pertama kali inipun tak mungkin saya lupakan. Kulit gajah ternyata keras, mempunyai rambut namun agak jarang dan kaku seperti ijuk. Kami mengelilingi kawasan elephant park ini tidak terlalu lama, mungkin hanya setengah jam, setelah itu kami langsung ke destinasi kedua yakni Pantai Benoa.  Di panyai Benoa kami rencananya mau melakukan sedikit olahraga air, entah snorkling, parasailing ataupun diving. Tetapi memang manusia hanya bisa berencana, angin terlalu kencang kami membatalkan rencana kami, dan mencoba beralih ke tempat lain, akhirnya pilihan pun jatuh ke Tulamben.

Saya baru pertama kali mendengar nama Tulamben. Disinilah ego saya rontok, ternyata banyak sekali tentang Indonesia yang belum pernah saya liat, dengar dan rasakan tetapi saya merasa sudah mengenal Indonesia, sungguh kasihan. Perjalanan ke Tulamben sangat menakjubkan, membelah Gunung Batur, menyusuri sekitar lerengnya, hingga tak sadar kita tiba di resort sudah lebih dari isya. Kami pun mencari makan dan akhirnya beristirahat. Keesokan harinya, pagi pagi buta saya bangun, suara deburan ombak jelas terdengar, matahari belum terlihat dan itulah yang saya syukuri, saya ingin melihat dengan jelas bagaimana matahari terbit langsung dari garis horizon, saya pun langsung mencari spot terbaik untuk menikmati matahari terbit tersebut, saat itu saya masih duduk sendiri di tepi pantai. Beberapa saat kemudian datang turis dari Cina bernama Lee, dan kami berdua pun berbincang-bincang sambil menunggu matahari terbit itu.

Semburat pun muncul, kami serempak berhenti berbicara dan benar benar menikmati momen tersebut. Saya lihat benar benar matahari itu muncul, dari ujung hingga ujung satunya lepas dari horizon, tidak ada gadget untuk merekam momen tersebut, tidak ada percakapan antara kami, dan pada saat itulah saya merasa saya benar benar hidup dan menikmati momen tersebut, tidak begitu lama dan akhirnya matahari sudah naik dari peraduannya. Dalam ilmu fotografi ada hukum yang menyebut bahwa waktu terbaik untuk memotret matahari adalah 7 menit sebelum dan setelah sunset, tapi menurut saya matahari Tulamben menawarkan lebih dari itu. Setelah agak naik barulah saya membingkai foto tersebut dan saya posting di Instagram pribadi saya.

Tak lama setelah itu, teman saya Lee langsung menggunakan dive suit beserta dengan kelengkapannya. Berdua  dengan Guidenya, mereka lalu masuk ke kedalaman lautan. Saya yang tak sabar lalu mengajak abang saya untuk menyelam, setelah berkumpul semua anggota keluarga, kami lalu mendengar pengarahan dari Guide, dan pertanyaan yang paling menusuk adalah : "Bli, bisa berenang kan?" pada saat itu, langsung merinding sekunjung tubuh saya. Mengingat saya tidak pernah menyelam, tidak punya lisensi, menyeberang kolam renang lebar kelas olimpiade saja tidak mampu, mencoba berenang di kedalaman 7m saja tidak berani, tapi yasudah nekat sajalah bilang "Bisa !" sudah kepalang tanggung jauh jauh ke Tulamben masa tidak menyelam. Kami pun memakai dive suit dan alat kelengkapannya. Berjalan dengan alat selam berat juga rupanya, kami pun berjalan sedikit demi sedikit ke arah lautan, pelampung sudah diberi angin terlebih dahulu lalu kami memasang google dan fin diatas permukaan air, sangat seru !