Mohon tunggu...
RSKO Jakarta
RSKO Jakarta Mohon Tunggu... Akun Kompasiana Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta

Akun Resmi Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta. One Stop Service Layanan Pengobatan dan Pemulihan Penyalahgunaan NAPZA / Narkoba dan kesehatan lainnya. Web : www.rskojakarta.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

''Pendaftaran CPNS 2019'', Persiapkan Syarat Umum dan Kesehatan

13 November 2019   12:43 Diperbarui: 19 November 2019   10:33 0 0 0 Mohon Tunggu...
''Pendaftaran CPNS 2019'', Persiapkan Syarat Umum dan Kesehatan
Deskripsi : Masih banyak masyarakat yang ingin menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) I Sumber Foto : dokpri

[RSKO Jakarta] Pendaftaran CPNS 2019 telah dibuka sejak, Senin (11/11/2019). Bagi peminat pendaftaran CPNS 2019 harus melalui proses pendaftaran secara daring (online) melalui situs https://sscasn.bkn.go.id/ . peminat CPNS 2019 harus persiapkan syarat umum dan syarat kesehatan.

Pada pendaftaran CPNS 2019 ini, pemerintah membuka 197.111 formasi yang terdiri dari instansi pusat sebanyak 37.854 formasi pada 68 kementerian/lembaga dan instansi daerah 159.257 formasi pada 462 pemerintah daerah.

Baca juga : CPNS Bingung Mendapatkan Surat Keterangan Bebas Narkoba ? RSKO Jakarta Tempatnya

Seleksi pengadaan CPNS 2019 terdiri atas tiga tahap, yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang. Seleksi administrasi dilakukan untuk mencocokkan antara persyaratan administrasi dengan dokumen pelamaran yang disampaikan oleh pelamar.

_

Syarat Umum Pendaftaran CPNS 2019

Pertama kali yang harus dilakukan oleh calon yang melakukan pendaftaran CPNS 2019 terlebih dahulu menyiapkan dokumen dan persyaratan. Adapun dokumen-dokumen yang perlu disiapkan sebelum mengupload di portal SSCASN antara lain adalah:

  1. Pas Foto berwarna berlatar belakang merah
  2. Swafoto dengan Kartu Identitas dan Kartu Informasi Akun
  3. KTP/Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  4. Ijazah
  5. Transkrip nilai
  6. Surat lamaran
  7. Dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan sesuai Instansi/Kementerian/Badan/Lembaga yang diminati

Deskripsi : Tata Cara Pendaftaran CPNS 2019 I Sumber Foto : kemenkes RI
Deskripsi : Tata Cara Pendaftaran CPNS 2019 I Sumber Foto : kemenkes RI
Setelah itu pendaftar harus memahami tata cara pendaftaran CPNS 2019 di halaman resmi SSCASN. Adapun alur pendaftaran CPNS 2019 pada halaman resmi http://sscasn.bkn.go.id/ dengan melakukan validasi data kependudukan. Berikut alurnya:
  1. Pelamar membuat akun pada laman SSCASN BKN dengan cara ; Mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) kepala keluarga pada Kartu Keluarga (KK), Melengkapi biodata dan kolom isian lainnya, Mengunggah pasfoto dengan latar belakang warnah merah ukuran 4x6 dalam format JPG, dan Mencetak Kartu Informasi Akun
  2. Pelamar melakukan log in ke https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  3. Pelamar mengunggah swafoto dengan Kartu Identitas dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  4. Pelamar melengkapi data diri
  5. Pelamar memilih instansi yang akan didaftari dengan memilih jenis formasi, jabatan sesuai kualifikasi pendidikan, lokasi formasi, lokasi tes, serta data lain yang harus dilengkapi.
  6. Pelamar mengunggah dokumen-dokumen yang dipersyaratkan dalam instansi dan formasi yang dipilih
  7. Pelamar memastikan bahwa dokumen yang diunggah dapat terbaca. Kesalahan dalam pengunggahan dokumen dapat mengakibatkan pelamar tidak lulus seleksi administrasi.
  8. Pelamar menyimpan data yang telah diperiksa pada "Form Resume" dan memastikan bahwa data tersebut telah terisi secara lengkap dan benar
  9. Pelamar mencetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2019 untuk digunakan sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran.

_

Syarat Kesehatan Pendaftaran CPNS 2019

Setelah segala proses tahapan seleksi yang dilewati oleh pendaftar CPNS 2019 maka ada dokumen lain yang harus dilengkapi. Bila melihat tahun 2018 terdapat rangkaian test kesehatan dan kebugaran yang harus dijalankan untuk memenuhi syarat kesehatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN