Mohon tunggu...
Rostina Hadiyanti
Rostina Hadiyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Universitas Garut

Jangan terlalu bersedih karena pertolongan Allah SWT akan selalu datang bersama dengan kesabaran ( HR. Ahmad )

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menuju Pelaminan, Penuhi Rukun dan Syarat Sah Nikah Menurut Islam

28 November 2021   04:31 Diperbarui: 28 November 2021   06:12 107 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber : Bridestory

Menikah merupakan  salah satu anjuran yang dicontohkan  oleh Rasulullah Muhammad Saw kepada umatnya. Salah satu ayat Al-Qur'an yang sering dijadikan dasar untuk menikah diantaranya QS. Az-Zariyat : 49 yang artinya : " Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang - pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah." 

Menikah merupakan bersatunya dua insan antara laki - laki dan perempuan dalam janji suci. Dalam Islam, pernikahan dianggap sah apabila terpenuhi rukun dan syarat sah nikah. Kedua unsur tersebut sangat mendasar dan tidak boleh ditinggalkan. Pasangan muslim yang hendak menikah, hendaknya mengetahui rukun dan syarat sah nikah agar pernikahannya sah di mata hukum serta agama.

Rukun nikah yang disepakati ulama dan wajib dipenuhi agar pernikahan  dinyatakan sah yaitu :

1. Terdapat calon pengantin laki - laki dan perempuan yang tidak terhalang secara syar'i untuk menikah

Rukun nikah yang pertama adalah adanya calon pengantin laki - laki dan perempuan. Akad nikah tidak bisa diwakilkan dan perlu diperhatikan juga bahwa para mempelai tidak boleh menikahi orang yang haram untuk dinikahi seperti memiliki pertalian darah, memiliki hubungan persusuan, dan memiliki hubungan kemertuaan.

2. Ada wali dari dari calon pengantin perempuan

Wali nikah pengantin perempuan diantaranya ayah, kakek dari pihak ayah, saudara laki - laki kandung , saudara laki - laki seayah, saudara kandung ayah, dan anak laki - laki dari saudara kandung ayah.

3. Dihadiri saksi dari kedua belah pihak

Pernikahan yang sah diperlukan saksi dari kedua belah pihak. Syarat menjadi saksi diantaranya beragama Islam, baligh, berakal, merdeka, lelaki, dan adil. Orang yang menjadi saksi bisa dari keluarga, tetangga, dan orang yang dipercaya.

4. Ada mahar

Mahar adalah sejumlah harta yang diberikan oleh pihak laki - laki terhadap perempuan. Mahar dalam Islam menggunakan uang sebagai acuan. Mempelai perempuan bisa meminta mahar berupa uang, emas, rumah, kendaraan, dan benda berharga lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan