Mohon tunggu...
dr. Roni Mahendra
dr. Roni Mahendra Mohon Tunggu... Medical Doctor

Halo, Profesi saya seorang Dokter, Semoga artikel saya bermanfaat dan menghibur kalian semua, Untuk lebih mengenal saya..

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Peran Vitamin dalam Masa Pandemi!

2 Agustus 2020   08:00 Diperbarui: 2 Agustus 2020   08:24 16 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran Vitamin dalam Masa Pandemi!
sumber : dok,pribadi(edited canva)

Berbagai macam vitamin yang dapat diberikan kepada anak-anak, usia muda, dan orang tua untuk meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin memegang peranan penting bagi tubuh anda terutama dimasa pandemi, tetapi Anda tidak membutuhkan vitamin dalam jumlah yang terlalu banyak setiap harinya. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai jenis, manfaat, dan sumber vitamin.

6 Vitamin yang dapat dikonsumsi sehari-hari dan manfaatnya.

1. Vitamin A

Vitamin A berfungsi dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin ini membantu mata untuk melihat dalam cahaya dan membedakan warna. Vitamin A juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu sistem imun melawan infeksi. Vitamin ini terdapat pada hati, wortel, minyak ikan kod, kentang, bayam, telur, dan keju.

2. Vitamin B

Vitamin B : terdiri dari B1, B2, B3, B4, B5, B6,B7, B9, B12. Manfaat dari vitamin B ini adalah mengubah makanan menjadi energi, membantu tubuh menghasilkan energi dari makanan, membantu sel-sel tubuh mengubah makanan menjadi energi, serta menjaga kesehatan kulit, dan pembentukan sel darah merah. Vitamin B ini terdapat pada Biji-bijian, seperti kacang, gandum, sereal, nasi merah, susu, yogurt, sayuran, seperti okra, asparagus, brokoli, daging, hati, telur, ikan, buah kurma, alpukat, dan pisang.

3. Vitamin C

Vitamin C atau ascorbic acid dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen sendiri merupakan salah satu serat protein yang berperan dalam menjaga kekenyalan kulit, membantu penyembuhan luka, serta memperkuat pembuluh darah. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan anda mengalami anemia, gusi berdarah, gangguan sistem saraf, dan penurunan massa otot, serta membuat luka anda sulit sembuh dan rentan terinfeksi. Makanan yang sering mengandung Vitamin C jeruk, kentang, tomat, brokoli, bayam dan stroberi.

4. Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium guna pertumbuhan tulang, terutama pada anak-anak. Selain itu, vitamin ini juga membantu sistem imun dalam melawan infeksi. Makanan yang sering mengandung Vitamin D minyak ikan, telur, jamur, dan hati sapi. Kemudian kulit juga apabila terpapar oleh sinar matahari akan memproduksi vitamin D dalam tubuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x