Mohon tunggu...
Ronald Wan
Ronald Wan Mohon Tunggu... Pemerhati Ekonomi dan Teknologi

Love to Read | Try to Write | Twitter: @ronaldwan88 | Diarysaham.com | email: ronaldwan@diarysaham.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

J Edgar Hoover dan Polemik KPK

15 September 2019   09:54 Diperbarui: 15 September 2019   10:04 809 24 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
J Edgar Hoover dan Polemik KPK
J. Edgar Hoover (Biography.com)

Siapa di antara pembaca yang tidak kenal dengan Federal Bureau Of Investigation (FBI)?. John Edgar Hoover  adalah direktur pertama FBI. Apakah hubungan John Edgar Hoover dan Polemik KPK?

48 tahun Hoover berhasil mempertahankan jabatan sebagai direktur dari mulai Bureau Of Investigation sampai menjadi FBI di tahun 1935. Presiden boleh berganti sebanyak 8 kali namun Hoover tetap tidak tergoyahkan. Presiden Nixon adalah presiden terakhir yang dilayani oleh Hoover, tidak juga mengganti dia walaupun usianya sudah melewati 70 tahun.

Hoover diakui jasanya sebagai peletak dasar-dasar dan membangun FBI sampai bisa diakui kehebatannya. Dia berjasa meletakkan dasar penyelidikan modern seperti pengumpulan data sidik jari dan laboratorium forensik. Juga ketika memodernisasi sistem filing sehingga antar data bisa dibandingkan.

Tetapi di sisi lain menjelang akhir hidupnya Hoover, diketahui telah menyalahgunakan kekuasaan. Antara lain sewenang-wenang sehingga melampaui yurisdiksi FBI.

Hal yang paling mengejutkan adalah Hoover memiliki file rahasia tentang banyak orang berpengaruh. Dari mulai politikus sampai dengan artis dan juga hakim Mahkamah Konstitusi. Ada sekitar 432 ribu file (orang) yang dikatakan Hoover sebagai file rahasia yang dibongkar FBI sampai tahun 1960 menurut Washington Post.

File-file ini sekarang ini bisa dilihat di National Archives Amerika Serikat. Menurut Washington post, sebuah hal yang menarik untuk dibaca dan menunjukkan sebuah gambaran hitam ketika kekuasaan disalahgunakan.

Hoover mengumpulkan file-file ini menggunakan sumber daya FBI, baik menggunakan penyadapan ataupun pengintaian.

Banyak temuan yang menarik seperti ketika diketahui bahwa Presiden Kennedy tidur dengan wanita yang sama dengan yang ditiduri oleh seorang boss mafia.

48 tahun berkuasa adalah sebuah jangka waktu yang sangat lama. Kekuasaan yang akhirnya disalahgunakan oleh Hoover, untuk mengumpulkan hal-hal negatif orang-orang berpengaruh yang bisa digunakan untuk memaksa atau memeras orang-orang itu untuk mendukungnya.

Sekarang ini jabatan direktur FBI dibatasi hanya 10 tahun dan untuk melakukan penyadapan diperlukan persetujuan hakim.

Polemik KPK

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN