Mohon tunggu...
Sri Romdhoni Warta Kuncoro
Sri Romdhoni Warta Kuncoro Mohon Tunggu... Buruh - Pendoa

• Manusia Indonesia. • Penyuka bubur kacang ijo dengan santan kental serta roti bakar isi coklat kacang. • Gemar bersepeda dan naik motor menjelajahi lekuk bumi guna menikmati lukisan Tuhan.

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Buat Bedhes di Atas Temali

17 Maret 2022   08:19 Diperbarui: 17 Maret 2022   08:22 247
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar dari picsart

Belikan aku minyak goreng, Dhes
Tidak banyak, cukup buat goreng ikan
Sudah lama lidahku dipasung rebusan daun dan tempe kukusan
Anak-anakku gembira bapaknya akan menggoreng ikan

Selama ini aku tak menggubris. Sampai angin menempelengku, kalau minyak menyembunyikan diri
Menyembunyikan diri? Bukannya disembunyikan? Betulkan, Dhes?
Dimana telinga dan mata kau letakkan?

Isteriku menjambak rambutku, menyadarkanku agar lekas melempar mimpi
"Minyak langka! Adanya munyuk!"
Aku kaget isteriku mengumbar maki
Selama merajut cinta hingga beranak, belum pernah semburan bisa keluar dari mulutnya  

Ketakutan mendesak. Gegara minyak goreng, wanita yang kunikahi sepuluh tahun lalu memunguti  kekesalan, melempari kekalut bayangan  

Uangku dilipat. "Simpan saja dicelana dalammu"
 Rebusan tempe kembali aku kunyah. Rasanya menggelikan.
"Ikannya?"
"Besuk kita rebus juga"
"Apa enak ikan direbus?"
"Jangan tanya aku. Coba datangi orang-orang yang menimbun sekalian satroni bapak menteri"
Sebilah celurit dipasangkan ke tanganku. "Buat apa?"
"Tolong potong lidah mereka. Aku kangen pingin bestik lidah". Isteriku sudah hilang ramah tamahnya. Keanggunannya musnah seiring langkanya minyak. Adanya munyuk!

Pinjam temalimu, Dhes. Ada yang ingin aku ikat.

* Solo, Maret 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun