Mohon tunggu...
R Sugiarti
R Sugiarti Mohon Tunggu... writerpreneure

writerpreneure, freelance writer, communications consultant, yogini

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Ujung Nafas Bioskop di Masa Depan, Ada di Ujung Pedang Streaming Mulan?

5 September 2020   10:11 Diperbarui: 5 September 2020   14:07 87 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ujung Nafas Bioskop di Masa Depan, Ada di Ujung Pedang Streaming Mulan?
Cantiknya tokoh Mulan yang memikat penggemar film - Sumber Foto: cnet.com

Gara-gara pandemi Covid-19 yang melanda dunia, film "Mulan" yang sebenarnya sudah siap tayang di bioskop terpaksa ditunda rilisnya. Dus, produsen film ini pun harus memutar otaknya untuk mencari cara alternatif agar bisa merilis film tersebut tanpa melanggar protokol kesehatan yang tengah diterapkan dimana-mana.

Salah satunya adalah kemungkinan untuk penayangan melalui gawai pintar dengan membuat platform eksklusif Disney+ yang nantinya bisa diunduh warganet dengan persayaratan tertentu. Misalnya harus membayar biaya kurang lebih USD 30 dan hanya bisa diterapkan di beberapa negara tertentu saja.

Namun, sebelum rencana tersebut benar-benar terlaksana, tiba-tiba terkabar rencana baru lainnya yaitu bahwa film "Mulan" ang sudah ditunggu-tunggu penayangannya ini akan dijadikan media promo peluncuran Disney+ Hotstar dengan menjadi sajian penayangan gratis unuk pelanggan Disney+ tersebut.

Namun lagi-lagi kepastian mengenai hal ini belum juga jelas. Film yang merupakan hasil remake live-action dari film animasi klasik Disney 1998 tanpa merubah nama dan ceria sama sekali tersebut, berulang-ulang berganti tanggal rencana rilis yang diumumkan.

Pernah Disney mengumumkan bahwa film "Mulan" akan bisa dibeli di Disney+ mulai 4 September 2020 kemarin. Bersamaan dengan itu, film ini pun juga akan dirilis secara teatrikal di pasar umum dimana bioskop elah diizinkan untuk beroperasi sementara Disney+ belum  tersedia di situ.

Aksi Mulan yang hari ini sudah bisa dinikmati di Disney+ Hotstar - Sumber Foto: comicsbeat.com 
Aksi Mulan yang hari ini sudah bisa dinikmati di Disney+ Hotstar - Sumber Foto: comicsbeat.com 
Ternyata benar, rencana penayangan "Mulan" melalui streaming Disney+ tersebut sontak mendongkrak penjualan saham Disney. Namun sebaliknya rencana tersebut juga membuat kecewa para pengusaha bioskop yang ada.Sudah jatuh tertimpa tangga, bisnis bioskop yang notabene sangat terdampak oleh pandemi Covid-19, harus semakin menderita karena sebagian besar konsumen potensial mereka tentunya akan tersedot oleh rencana Disney+ tersebut.

Pasalnya jarak rilis antara bioskop dan platform streaming di Disney+ yang begitu pendek atau cepat, mau tak mau pasti akan sangat merugikan bagi bisnis bioskop. 

Bahkan ke depan, jika rilis "Mulan" melalui streaming di platform Disney+ sukses mendatangkan banyak pelanggan, maka hal tersebut akan menimbulkan gambaran nasib yang buruk bagi bisnis bioskop di masa depan. Apalagi jika platform-platform streaming lainnya yang semakin banyak seperti Netflix, Viu, Catchplay, iFlik, dan sebagainya segera mampu mengikuti jejak yang telah dimulai Disney+ di atas.

Keluar Mulan Di Tombol Like

Kali ini rencana Disney tidak meleset lagi. Khususna untuk Indonesia, hari ini Sabtu (5/9) film "Mulan" benar-benar sudah bisa dinikmati melalui platform Disney+ Hotstar.

Banner digital poster film
Banner digital poster film "Mulan" yang viral di sosmed - Sumber Foto: twitter/wawicaksono
Meskipun biaya yang harus dirogoh tidaklah kecil, yaitu 29,99 dolar AS (sekitar Rp 440.000), namun antusias penonton sepertinya tetap membludak. Sepertinya besaran dana segitu tidak menjadi masalah dibandingkan rasa penasaran masyarakat terhadap film Disney pertama yang seluruh bintang pemainnya berasal dari Asia.

Apalagi sepertinya Disney+ mampu melakukan kampanaye melaui media sosial dengan kreatif, inovatif dan sangat menarik. Salah satunya yang tengah ramai di twitter saat ini. Entah bagaimana caranya postingan banner digital film "Mulan" bisa muncul tulisan mulannya ketika di klik tombol like-nya.

Meskipun sekilas inovasi tersebut nampak sangat sepele, sederhana dan kecil manfaatnya, ternyata mampu membuat banner promosi film "Mulan" ini viral dan terus direpost berulang-ulang serta menjadi trending topik di plaform sosmed twitter.

Semoga saja keberanian Disney+ Hotstar kali ini mampu menjadi gerbang masa depan industri tontonan yang lebih menjajikan dan industri bioskop mampu keluar dari ancaman kehancuran serta segera mendapakan solusi yang mencerahkan. Tabik.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x