Mohon tunggu...
ROHMAD NURWAHYUDI
ROHMAD NURWAHYUDI Mohon Tunggu... Guru - GURU

BERSEPEDA

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Implementasi Metode KIBAR dalam Membaca Al-Qur'an

7 Desember 2022   07:30 Diperbarui: 7 Desember 2022   07:38 268
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

IMPLEMENTASI METODE KIBAR DALAM BELAJAR MEMBACA

AL-QUR’AN DI KELOMPOK B TK IT AL-AYSAR JETIS TRIMURTI SRANDAKAN BANTUL YOGYAKARTA

Oleh :

Rohmad Nurwahyudi

NUPTK : 5863770671130172

 

ABSTRAK

ROHMAD NURWAHYUDI. Implementasi Metode Kibar Dalam Belajar Membaca Al-Qur’an Di Kelompok B TK IT AL-AYSAR Jetis Trimurti Srandakan Bantul Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode Kibar dalam belajar membaca Al-Qur’an di kelompok B TK IT AL-AYSAR Jetis Trimurti Srandakan Bantul Yogyakarta. Adapun informan penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, wali murid, dan siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat Penelitian Tindakan Kelas, dengan mengambil latar di TK IT AL-AYSAR Jetis Trimurti Srandakan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan penelusuran dokumentasi. Teknik analisis data yang yang digunakan adalah analisis data kualitatif, dengan menggunakan reduksi data, analisis data, penyajian data dan kemudian penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi metode Kibar dalam belajar membaca Al-Qur’an di TK IT Al-Aysar menggunakan kurikulum 2013. Sistem pembelajaran metode Kibar menggunakan sistem klasikal dan privat. (2) Metode Kibar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam belajar membaca Al-Qur’an. Pada tahun ajaran 2019/2020 baru 5 anak dari 15 anak yang sudah sampai Al-Qur’an. Pada tahun ajaran 2020/2021 kemampuan anak dalam membaca Al-Qur’an mencapai 8 anak dari 15 anak yang sudah sampai Al-Qur’an. Sedangkan pada tahun ajaran 2021/2022 kemampuan anak dalam membaca Al-Qur’an setelah menggunakan metode Kibar meningkat sebagaimana 15 dari 24 anak sudah mencapai Al-Qur’an (3) Faktor pendukung dalam inplementasi metode Kibar di TK IT Al-Aysar Srandakan antara lain: kemampuan guru dalam membaca Al-Qur’an, peran orang tua dalam mendampingi anak belajar membaca Al-Qur’an di lingkungan keluarga, kemampuan anak, dan suasana kelas yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan metode Kibar di TK IT Al-Aysar Srandakan antara lain: guru pengajar kurang bisa memahami masing-masing karakter belajar anak, orang tua tidak mendampingi belajar dirumah, dan anak kurang kondusif serta sering cepat berubah perasaannya.

Kata kunci: Metode Kibar, Pembelajaran Al-Qur’an, TK IT Al-Aysar Srandakan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun