Mohon tunggu...
Rofinus D Kaleka
Rofinus D Kaleka Mohon Tunggu... Orang Sumba. Nusa Sandalwood. Salah 1 dari 33 Pulau Terindah di Dunia. Dinobatkan oleh Majalah Focus Jerman 2018

Orang Sumba, Pulau Terindah di Dunia

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Antara Laguna Wekuri dan Nirwana di NTT, Sama-sama Menyuguhkan Pesona yang Menakjubkan

6 Mei 2019   14:33 Diperbarui: 6 Mei 2019   14:57 156 9 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Antara Laguna Wekuri dan Nirwana di NTT, Sama-sama Menyuguhkan Pesona yang Menakjubkan
sukawisata.com

Seandainya Sang Ilahi tidak memberi kesempatan kepada saya untuk menginjakkan kaki di Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao, pada akhir April 2019, mungkin saya tidak pernah tahu bahwa di Rote juga ada sebuah Lagoon (Laguna) Air Laut yang serupa dengan yang ada di Kabupaten Sumba Barat Daya. Artinya, ternyata ada dua buah Laguna Air Laut di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kesempatan indah tersebut, sungguh-sungguh saya syukuri. Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur, maka saya perlu mengungkapkan profil kedua laguna tersebut melalui narasi deskriptif dalam tulisan ini.

Kedua laguna dimaksud, yaitu Wekuri di Sumba Barat Daya dan Nirwana di Rote Ndao. Kedua laguna ini merupakan destinasi andalan dan kebanggaan di kedua daerah kabupaten tersebut dan juga Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), karena sama-sama menyuguhkan pesona indah yang menakjubkan, mirip tapi tidak identik, dan memang pantas dikunjungi oleh wisatawan untuk memanjakan mata dan menenangkan nurani.

dokpri
dokpri
Laguna Wekuri Sumba Barat Daya

Laguna Wekuri Sumba Barat Daya, terletak di sisi utara wilayah Desa Moro Manduyo, Kecamatan Kodi Utara. Sumber air yang mengisi palungan Wekuri berasal dari lautan samudera yang membentang di sisi utaranya, yang mengalir melalui pori-pori tebing batu cadas selebar lebih kurang 20 meter.

Laguna Wekuri menampilkan profil wajah seperti sebuah kolam pemandian bidadari. Lingkaran bebatuan yang bergelombang sepanjang cincin bibir danau tertata meliuk-liuk unik, seperti terukir oleh sentuhan tangan para dewa alam. Dengan ukuran diameter panjang dan lebarnya hanya rata-rata sekitar 100 meter dan 60 meter, Wekuri terlihat mungil seperti butiran manik-manik yang tersungging di bibir laut. Kedalaman airnya tergantung dari kondisi pasang-surut air laut. Jika pasang mencapai rata-rata sekitar 2 meter dan surut sekitar 1 meter.

Pada dasar laguna ini terlapisi dengan pasir putih yang bersih. Tidak ada bebatuan serta makhluk hidup laut yang membahayakan. Airnya berwarna biru bening, sehingga terumbu karang dan rumput laut serta ikan-ikan kecil yang berenang di dalamnya dapat dilihat jelas dengan mata telanjang. Permukaan airnya tanpa gelombang, hanya riak-riak kecil karena pengaruh sapuan aingin.

dokpri
dokpri
Tampilan profil Wekuri ini terus terang sangat menggoda. Para wisatawan menjulukinya dengan beragam predikat. Bagaikan cermin raksasa yang terpampang di bibir samudera, menantikan para bidadari untuk bersolek. Ibarat aquarium alam yang terselip di antara karang. Juga disejajarkan dengan Blue Lake New Zealand. Bahkan disebut-sebut sebagai surga yang tersembunyi di Pulau Sandelwood.

Sungguh Wekuri memang tidak sekadar dapat memanjakan mata dan mendamaikan hati, akan tetapi mengundang hasrat untuk menyegarkan raga. Sangat cocok untuk merendam diri berlama-lama dan juga menguji kemahiran berenang atau sekadar latihan berenang.

Lingkungan sekeliling laguna Wekuri masih dipadati berbagai aneka tumbuhan khas pesisir pantai yang cukup terawat dengan baik. Di sana dapat dijumpai pohon-pohon yang hijau dan rimbun, seperti mangrove (bakau), kesambi dan asam, yang menawarkan udara segar berlimpah oksigen. Pada sisi utaranya masih dapat ditemui tumbuhan pandan dan bunga santigi yang subur menutupi permukaan karang serta menyuguhkan bunga aneka warna. Sehingga tampak hijau dan cukup teduh serta memberi kesegaran tersendiri ketika bernaung di saat siang hari.

dokpri
dokpri
Kini laguna Wekuri tersebut adalah destinasi yang paling diminati wisatawan baik manca negara maupun domestik dan ramai di hari-hari libur. Paling asyik lho untuk selfiria di sini. Sering pula dijadikan lokasi prewedding oleh para pasangan calon nikah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN