Mohon tunggu...
Rizky Prabowo Rahino
Rizky Prabowo Rahino Mohon Tunggu... Wiraswasta - Freelance, Entreprenuer, Stock Enthusiast

Sedang Belajar Menulis Apapun di Sabtu dan Minggu secara Santuy, Bebas dan Ringan. Jika Terkadang Mengkritik Harap Dimaklumi. Pernah berkarya sebagai Bankir Bank BRI (7 Maret 2011 - 10 November 2014) dan Redaktur Online/Jurnalis Tribun Pontianak Kompas Gramedia (15 Januari 2015 - 1 Juli 2022)

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Super App Pelayanan Publik Digagas Kominfo, Tergiur Suksesnya WeChat?

16 Juli 2022   14:34 Diperbarui: 20 Juli 2022   12:32 664 11 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi Logo WeChat. (sumber: Reuters via kompas.com) 

Kompasianers, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sedang menyiapkan roadmap Super App Pelayanan Publik. Kehadiran Super App diklaim menghemat anggaran negara hingga puluhan Triliun.

Rencana inovasi ini menjadi jawaban atas curahan hati Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait berjubelnya aplikasi milik pemerintah yang menggerogoti anggaran negara sehingga boros.

Aplikasi-aplikasi pemerintah yang ada saat ini juga tidak berfungsi secara efisien. Mengutip sumber dari Kompas.com, ada 24.400 aplikasi pemerintah yang akan dilebur dalam konsep Super App Pelayanan Publik di Indonesia.

Terkait hal ini, Menteri Kominfo, Johnny G Plate tidak menampik akses layanan publik masih dilakukan dengan aplikasi-aplikasi terpisah saat ini.

Lantaran tidak efisien, perlu ada Super App sebagai upaya memudahkan komunikasi dan integrasi lintas instansi dalam sistem yang sama. 

"Super apps itu bertujuan untuk mencegah duplikasi aplikasi sejenis dari berbagai kementerian atau lembaga. Oleh karena itu, perlu kerja sama dari setiap sektor pemerintah untuk mewujudkan super apps yang andal dan terpadu," ungkap Johnny pada laman resmi Kementerian Kominfo, Rabu 13 Juli 2022.

Sebagai langkah serius, Kominfo akan menata ulang puluhan ribu aplikasi pemerintah menjadi setidaknya delapan aplikasi yang terintegrasi. 

Selanjutnya, aplikasi lain yang sudah tercakup pada 8 aplikasi terintegrasi akan dihapus atau ditutup. Saya bukan ahli bidang teknologi dan informasi, namun izinkan saya mengemukakan opini dan gagasan pribadi terkait wacana ini.

Selamat membaca, Kompasianers.

Apa itu Super App?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan