Mohon tunggu...
rizkaita
rizkaita Mohon Tunggu... Pembaca, penulis, dan kawan seperjalanan

Mari berbicara lewat barisan kata-kata

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Gasasa Bawa Garang Asem Legenda ke Tanah Jogja

12 September 2019   21:41 Diperbarui: 13 September 2019   09:58 0 3 1 Mohon Tunggu...
Gasasa Bawa Garang Asem Legenda ke Tanah Jogja
Garang Asem ayam, dok. pribadi

Sesuai namanya, Garang Asem merupakan salah satu kuliner tradisional Indonesia yang memiliki rasa asam yang segar. Makanan yang akrab di lidah orang-orang Jawa Tengah terutama Kudus ini menjadi lauk makan pagi, siang, hingga malam yang kerap dirindukan. Makanan berbahan utama potongan daging ayam dan berkuah ini memang nikmat sekali disantap dengan nasi putih panas dan kerupuk. 

Kudus sendiri memiliki rumah makan Sari Rasa sebagai salah satu rumah makan yang memelopori hadirnya penganan ini baik bagi warga lokal maupun wisatawan yang bertandang.

Memang bukan perkara mudah menemukan rumah makan yang khusus menyajikan garang asem di luar wilayah Kudus dan sekitarnya, seperti Jogja misalnya. 

Wajar saja, pembuatan makanan ini membutuhkan berbagai bahan dan bumbu yang lumayan banyak, seperti tomat hijau, belimbing wuluh, santan, jahe, cabai, sampai daun pisang dengan kualitas baik sebagai pembungkus. Makanan ini juga memerlukan kesabaran dan ketelatenan dalam prosesnya dalam menghasilkan cita rasa terbaik.

Tapi kini ketika jadwal liburan hanya sampai di Jogja, tidak perlu sedih. Begitu juga dengan para perantau yang rindu dengan makanan tradisional satu ini. Garang asem Sari Rasa yang sudah sangat dikenal, sekarang dihadirkan untuk penikmat makanan asam pedas satu ini. 

Rumah makan Gasasa Cabang 2 yang berada di Jalan Parangtritis No. 108, Matrijeron, Kota Yogyakarta ini membawa resep asli garang asem dari Kabupaten Kudus yang bahkan menjadi kesenangan salah satu mantan presiden Republik Indonesia. 

Rumah makan ini didirikan oleh generasi kedua dari rumah makan Sari Rasa, sehingga cita rasa dan kualitas makanannya masih sangat terjaga.

Rumah Makan Gasasa Cab. 2 Jogja
Rumah Makan Gasasa Cab. 2 Jogja
Rumah makan Gasasa menyajikan garang asem dengan perpaduan rasa asam, pedas dan gurih. Ketiga rasa yang mendominasi ini didapat dari bahan utama berupa ayam kampung, dengan belimbing wuluh, banyak potongan tomat hijau, dan limpahan potongan cabai dalam kuah bersantan. 

Satu porsi garang asem di tempat ini berisi sekitar 6-7 potongan ayam kampung yang dengan terkstur sangat lembut.

Tak tanggung-tanggung, satu ekor ayam kampung hanya akan menjadi 3 porsi garang asem yang dibungkus dengan daun pisang. Satu porsi garang asem ini dapat dinikmati berdua dengan masing-masing satu porsi nasi putih hangat bertabur bawang goreng.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x