Mohon tunggu...
Risky Amalia Rustan
Risky Amalia Rustan Mohon Tunggu...

mahasiswi fakultas kesehatan masyarakat UHO, lebih dikenal dengan nama panggilan sky. Anak pertama dari dua bersaudara

Selanjutnya

Tutup

Catatan Pilihan

Hal-hal yang Ngetren di Era 90-an Sampai 2000-an yang Sekarang Jarang Ditemui

3 November 2014   14:31 Diperbarui: 17 Juni 2015   18:49 1294 0 0 Mohon Tunggu...

Banyak hal-hal yang sangat menyenangkan di tahun 1999-2000an.Saat itu saya masih menginjak bangku SD (sekolah dasar). Jaman saya SD semua anak-anak belum mengenal gadged canggih seperti android atau smartphone seperti yang remaja dan anak-anak di bawah umur tahun 2014 ini gunakan tanpa pengawasan orang tua mereka. Masa SD dulu anak-anak bermain sepeda, bertukar binder dan bermain tamiya tapi sekarang anak-anak sibuk bermain dengan handphone canggih mereka sehingga mereka jarang berkomunikasi secara langsung dan melakukan aktifitas fisik seperti bermain dengan teman-teman mereka. Yang saya akan bahas saat ini yaitu mengenai beberapa hal yang ngetren di tahun 90-an sampai 2000-an yang sekarang jarang di temui bahkan sudah tidak ada, diantaranya adalah:




  1. Tamagotchi: Kalau sekarang dibilangnya pow kalau dulu namanya tamagotchi, disini kita harus mengurus binatang peliharaan digital kita seperti memberi makan, dibersihkan dan dimandikan.
  2. Bolpoint berbau harum yang dikira ada narkobanya : Masih ingat dengan bolpoint ini? Bolpoint yang baunya harum sampai-sampai dikira ada narkobanya. Suka lucu kalau ingat kata teman-teman dan sepupu dulu “jangan suka dicium-cium bau bolpointnya, ada narkobanya” sampai-sampai saya sendiri dulu ikutan percaya haha.
  3. Film petualangan sherina: Dulu kalau belum nonton ini belum keren, film yang menjadi favorit saya. Film ini mengisahkan tentang petualangan sherina kecil yang menyelamatkan kedua musuh dari sekolah barunya yang diculik oleh pak raden tapikemudian kedua musuhnya menjadi sahabat sherina.
  4. Menyebutkan nama orang tua: Ini adalah kebiasaan yang paling menyebalkan sekaligus lucu yang pada jaman saya SD sampai SMP dilakukan, apalagi karena nama ayah saya terdapat dibelakang nama saya. entah siapa yang memulai dan menjadikan hal ini tren yang jelas pada saat itu salah cara menggoda yang paling dibenci adalah menyebut nama orang tua, Saking parahnya kebiasaan ini, kadang ada beberapa teman yang justru dikenal dengan sebutan nama orang tuanya daripada namanya sendiri haha.
  5. Main Engkle: Kalau di daerah saya (kendari) permainan ini disebut main "kengkeng", cara bermainnya adalah dengan menggambar sebuah pola tertentu di tanah dan pemainnya meloncati pola tersebut dengan urutan dan aturan main tertentu. Tujuan dari permainan ini sederhana, yaitu mendapatkan sebanyak mungkin rumah sehingga lawan tidak mungkin bermain lagi. cara bermainnya adalah dengan menggambar sebuah pola tertentu di tanah dan pemainnya meloncati pola tersebut dengan urutan dan aturan main tertentu. Tujuan dari permainan ini sederhana, yaitu mendapatkan sebanyak mungkin rumah sehingga lawan tidak mungkin bermain lagi. Sayang sekali permainan ini sekarang sudah jarang dijumpai.
  6. Balapan Tamiya: Siapa sih yang tidak kenal tamiya ? mobil mobilan dengan menggunakan dinamo ini adalah salah satu mainan favorit anak laki-laki pada tahun 90an walaupun saya juga dulu suka mainin tamiya hehe. Popularitas Tamiya yang memuncak pada saat itu juga didukung dengan adanya penayangan serial televisi yankuro oleh stasiun televisi pemerintah.
  7. Lagu anak-anak jaman dulu: Kalau anak-anak yang lahir sekarang sudah tidak bisa lagi mendengarkan lagu riang gembira karena tahun-tahun sekarang sudah jarang ada lagu anak-anak yang berlirik kegembiraan masa kecil, sekarang anak-anak senang mendengarkan lagu orang dewasa yang bertema cinta , politik dan lain-lain. masih sangat kental dengan lagu anak-anak seperti Joshua, trio kwek2, meissy yang sering bawain lagu daerah, bintang kecil, lihat kebunku, pelangi, si lumba-lumba, lagunya susan, dan lagu-lagu tasya kecil. Sampai sekarang saya masih punya kaset tape lagu anak-anak dan juga cd nya tapi sudah banyak yang tidak bisa di putar alias rusak, hiks.
  8. Game PS1 harvest moon: Kalau dulu belum keren rasanya kalau belum main game yang satu ini, game simulasi tentang berkebun, bersosialisasi dengan orang desa dan juga mencari uang serta memasak. Game yang tidak bisa dilupakan, sampai nangis-nangis karena minta di belikan kasetnya dan suka lupa waktu kalau sudah terlanjur main sampai-sampai di marahi mama (pengalaman pribadi) hehe. Sekarang masih bisa di mainkan dengan cara di download emulatornya dan gamenya.
  9. Jajanan jaman SD-SMP: Beli coklat Ayam Jago tapi sekarang sudah susah didapat sama Wafer coklat merk SUPERMAN yang sampai sekarang masih ada, Beli cemilan fuji, taro, kenji, paling laku kalo cemilannya ADA HADIAHNYA, Makan jajanan Mie Anak Mas yg paling ciamiik Jilatin bumbunya sampe abis, makan permen pago-pago, colat payung yang paling laris dan permen telor cicak. Semua itu sekarang sudah jarang didapat (kecuali wafer coklat superman).


Dan masih banyak lagi hal-hal yang ngetrend di tahun 90-an sampai tahun 2000-an. Mau ngetik lagi tapi sudah kepanjangan, mungkin saya akan memposting lagi tentang hal-hal yang ngetrend di era 90-an sampai 2000-an. sekian dari saya semoga bisa mengingatkan memori indah masa SD kita dulu, terimakasih :D

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x