Mohon tunggu...
Mario Amarya
Mario Amarya Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

Saya hobi menulis dan saat ini sedang mencari pekerjaan tetap yang berhubungin dengan menulis dan menerjemahkan.

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

7 Musisi Indonesia Terbaik Era 2000-an

9 Maret 2024   22:13 Diperbarui: 9 Maret 2024   22:16 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
7 Musisi Indonesia Era 2000-an terbaik. Sumber: getty images & Pinterest.

Hari ini, Sabtu 9 Maret 2024 diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Ini sebagai bentuk untuk memberikan apresiasi kepada para musisi segala usia di Indonesia dan juga melestarikan alat-alat musik tradisional di Indonesia agar tidak dilupakan begitu saja. Industri Musik di Indonesia hingga saat ini semakin berkembang pesat dengan hadirnya musisi-musisi pendatang baru dan juga masih eksisnya musisi pendatang lama yang sealu berkarya untuk menghibur masyarakat Indonesia dan juga untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Dari semua musisi Indonesia yang banyak sekali penggemarnya, khususnya pendatang lama era 2000-an, ada 7 yang terbaik dan lagu-lagunya masih selalu menjadi favorit. Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini.

1. Judika

Judika Sihotang, Raja Galau Indonesia. Sumber: getty images (OEDAY ABDULLAH)
Judika Sihotang, Raja Galau Indonesia. Sumber: getty images (OEDAY ABDULLAH)
Tampaknya semua setuju jika musisi pria yang satu ini berada di urutan pertama, karena karyanya yang begitu luar biasa dna lagu-lagunya yang sebagian besar bertema 'galau'. Judika Sihotang atau yang biasa dipanggil Judika adalah musisi Indonesia yang merupakan runner-up Indonesian Idol musim ke 2 di tahun 2005. Semenjak dari situ, Judika mulai populer dan semakin menanjak karirnya. Single pertama yang ia rilis setelah lulus dari Indonesian Idol adalah yang berjudul 'Bukan Rayuan Gombal' di tahun 2007. Lewat lagu tersebut itulah namanya semakin populer hingga sekarang. lagu-lagunya yang sebagian besar terkenal dengan tema galau dan hampir semuanya bernada tinggi membuat Judika diberi julukan 'Raja Galau'. Di tahun 2018, Judika ditunjuk menjadi juri Indonesian Idol hingga sekarang. Selama 19 tahun berkarir sebagai penyanyi profesional, Judika sudah meraih 16 penghargaan termasuk 2 kali mendapatkan penghargaan AMI Awards di tahun 2014. 

2. Tulus

Tulus, penyanyi dengan judul-judl lagu yang unik. Sumber: Pinterest (Renna Salsabilla Dwiyanti)
Tulus, penyanyi dengan judul-judl lagu yang unik. Sumber: Pinterest (Renna Salsabilla Dwiyanti)
Penyanyi yang satu ini terkenal dengan judul-judul lagunya yang sangat unik dan sederhana. Meskipun judul lagunya unik-unik, namun banyak pesan tersirat dalam semua lagu yang ia ciptakan. Muhammad Tulus atau yang biasa disapa Tulus, memulai karir di dunia musik sebagai penyanyi di tahun 2011. Namun, Tulus baru mulai populer ketika merilis single berjudul Sepatu di tahun 2014. Lagu inilah yang membuat nama Tulus menjadi semakin dikenal publik Indonesia. Semua lagu dari Tulus memang sangat sderhana namun penuh makna, sehingga selalu disukai dan menjadi favorit bagi para pecinta musik di Indonesia. Di tahun 2016 hingga 2018, Tulus sempat ditunjuk sebagai juri dan mentor di The Voice Kids Indonesia. Dan selama 13 tahun berkarir, Tulus sudah meraih 51 penghargaan bergengsi, dan salah satu diantaranya adalah AMI Awards yang sudah 17 kali ia dapatkan.

3. Raisa

Raisa Andriana. Sumber: getty images (OEDAY ABDULLAH)
Raisa Andriana. Sumber: getty images (OEDAY ABDULLAH)

Musisi wanita kelahiran 6 Juni tahun 1990 ini memulai debutnya sebagai penyanyi di tahun 2008. Namanya mulai pouler ketika merilis single berjudul Could It Be di tahun 2011. Dan hingga sekarang, Raisa tak pernah berhenti berkarya dan selalu menciptakan dan merilis lagu-lagu yang disukai oleh pecinta musik Indonesia.  Selama 16 tahun berkarir dan berkarya, Raisa telah mengoleksi 17 penghargaan dan semuanya didapatkan dari AMI Awards. Dan karena raihan AMI Awards ang luar biasa inilah Raisa dinobatkan sebagai salah satuperaih AMI Awards terbanyak di Indonesia.

4. Afgan

Afgan Syahreza. Sumber: getty images (OEDAY ABDULLAH)
Afgan Syahreza. Sumber: getty images (OEDAY ABDULLAH)
Penyanyi yang memiliki lesung pipit terindah ini pernah mengikuti audisi Indonesian Idol tahun 2007 dan sebenarnya sudah masuk dalam 100 besar. Namun, ia mengundurkan diri karena audisinya tersebut bertabrakan dengan konser musisi favoritnya. Namun, siapa sangka namanya tetap populer ketika ia menjadi penyanyi solo. Dan namanya mulai terkenal saat merilis sebuah lagu berjudul Terima Kasih Cinta di tahun 2008. Dan hingga sekarang, dirinya masih aktif dan masih berkarya dengan lagu-agunya yang sebagian besar juga bertema 'galau'. Selama 16 tahun berkarir, Afgan telah meraih 6 penghargaan, dan semuanya adalah AMI Awards. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun