Mohon tunggu...
Risak Rinaldi
Risak Rinaldi Mohon Tunggu... -

PROMSI KESEHATAN MASYARAKAT, FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT, UNIVERSTITAS HALU OLEO

Selanjutnya

Tutup

Catatan Pilihan

Mahasiswa Penyuluh Kesehatan

12 November 2014   14:01 Diperbarui: 17 Juni 2015   18:00 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

mahasiswa?? wah ketika saya SD kata ini menjadi pertanyaan dikepala saya. apa sih Mahasiswa? gambaran saya saat itu mahasiwa hanyalah sekumpulan orang yang yang berpakaian bebas yang menuntut ilmu dikampus-kampus . Saat saya beranjak ke smp saya mendapat tambahan gambaran lagi bahwa mahasiswa itu memiliki waktu bebas untuk masuk kuliah. Setelah itu disaat saya SMAsaya mendapat pemahaman yang lebih baik lagi bahwa seorang mahasiswa itu memiliki sifat yang mandiri. sehingga disaat saya beranjak ke dewasa saya menyimpulkam pemahaman saya bahwa seorang mahasiswa adalah pelajar yang bebas dalam menuntut ilmu dan bersikap mandiri dalam menjalani waktu perkuliahannya. saya memahami bahwa tugas seorang mahasiswa menuntut ilmu namun saat itu saya benar-benar tidak menyangka bahwa seorang mahasiswa juga sudah bisa memberikan ilmu serta menyalurkan pengalamannya secara terbuka dan resmi di instansi dan masyarakat luas disaat ia juga sedang menuntut ilmu di perkuliahan. Contohnya saja mahasiswa keguruan dan mahasiswa kesehatan lainnya namun tidak untuk mahasiswa farmasi.

Saya saat ini menajdi salah salah satu mahasiswa kesehatan yakni kesehatan masyarakat. Jujur awalnya saya memang tidak tertarik untuk menjadi seorang pendidik maupun penyuluh namun, saya mendapat jalan yang telah ditentukan oleh Allah swt sehingga saya menocoba menjalani waktu perkuliahan saya ini. seiring berjalannya perkuliahan saya mendapat mendapat pencerahan oleh pendidik-pendidik saya bahwa tenga-tenaga seperti kita akan menjadi mahasiswa pahlawan tanpa tanda jasa yang sama halnya dengan guru. Kita akanbekerja menjadi penyuluh kesehatan yang mungkin kurang didengar bahkan tidak dilrik masyarakat luas namun kita akan menjadi tenaga kesehatan yang mampu berkontribusi besar dalam meningkatkan status kesehatan semua orang. Akan banyak masalah yang kita akan dapatkan selama menjadi penyuluh kesehatan entah itu pengabaian maupun penolakan dari masrakat bahkan instasi pemerintahan namun, disana letak kemuliaan kita sebagai tenaga kesehatan walaupun akan banyak penolakan dan pengabaian yang kita terima kita akan terus maju di garda terdepan untuk meningkat status kesehatan masyarakat di dunia.

kami yang hanya masih berstatus mahasiswa kesehatan masyakat memang belum sepenuhnya memiliki kemampuan atau skill untuk mempengaruhi masyarakat luas agar mau merubah pola pikir dan perilakunya menjadi manusia-manusia yang sehat. kami yang hanya memiliki ijazah SMA memang belummampu memutuskan kebijakan-kebijakan kesehatan yang bisa memperbaiki sistem kesehatan kita namun, kami mahasiswa mempunyaiilmu yang dapat kami bagi untuk orang-orang diluar sana yang mungkin belum paham, tak paham bahkan tak ingin membagi ilmunya untuk orang banyak dan kami mahasiswa kesehatan masayarkat mampu membuat kebijakan-kebijakan kesehatan yang mampu membantu pemerintah untuk dapat memperbaiki sistem peraturan kesehatan sehinggastatus derajat kesehatan kita saat ini dapat meningkat. Kami hanya berharap bahwa kami dapat dibantu dan dibina dalam menuntut ilmu selama kami menjadi mahasiswa. Pengalaman dan ilmu yang kami dapatkan selama kami menjadi mahasiswa penyuluh kesehatan akan menjadi gizi pedidikan buat kami sehingga kami dapatlahir menjadi seorang tenaga kesehatan yang berkompeten dan berdedikasi tinggi di masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun