Mohon tunggu...
EVRIDUS MANGUNG
EVRIDUS MANGUNG Mohon Tunggu... Lainnya - Pencari Makna

Berjalan terus karena masih diijinkan untuk hidup. Sambil mengambil makna dari setiap cerita. Bisikkan padaku bila ada kata yang salah dalam perjalanan ini. Tetapi adakah kata yang salah? Ataukah pikiran kita yang membuat kata jadi serba salah?

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Persiapan Kesehatan Hadapi Flu Singapura

7 April 2024   09:53 Diperbarui: 8 April 2024   15:23 417
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Persiapan Kesehatan Mudik: Antisipasi Flu Singapura (Pexels.com/zhang kaiyv )

Kemeriahan menjelang lebaran terasa begitu nyata di sepanjang jalanan. Penuh dengan suara kendaraan yang ramai, dan aroma makanan khas lebaran yang menggoda. Memang, momen mudik adalah saat yang dinanti-nantikan banyak orang, di mana kita berkumpul dengan keluarga tercinta untuk merayakan bersama. Namun, di tengah kesibukan persiapan perjalanan dan rencana seru, seringkali kita melupakan satu hal yang sama pentingnya dengan keceriaan itu sendiri: kesehatan.

Apakah kita  menyadari bahwa kesehatan sebenarnya harus menjadi prioritas utama dalam persiapan mudik? Tahukah kita bahwa flu Singapura, dengan gejala yang cukup mengganggu, tengah merebak luas di sekitar kita?

Saat kita terjebak dalam euforia perjalanan dan kegembiraan menyambut lebaran, risiko kesehatan sering kali terlupakan. Inilah mengapa, di tengah keriuhan persiapan mudik, penting untuk menyadari bahwa menjaga kesehatan tidak boleh diabaikan.

Di tengah antusiasme dan keriuhan menyambut momen mudik, kita perlu mengingatkan diri sendiri bahwa kesehatan adalah aspek yang tak boleh diabaikan. Persiapan mudik tidak hanya sebatas memastikan segala sesuatunya siap untuk perjalanan, tetapi juga memperhatikan kesehatan diri dan keluarga. Saat ini, isu kesehatan yang sangat relevan adalah merebaknya flu Singapura di sekitar kita.

Flu Singapura, meskipun gejalanya terkadang terbilang ringan, seperti demam, rasa lelah, nyeri tenggorokan, dan penurunan nafsu makan, memiliki tingkat penularan yang cukup tinggi.


Belum lagi adanya gejala lesi pada mulut, telapak tangan, dan telapak kaki yang khas. Hal ini membuat flu Singapura tidak boleh dianggap enteng, terutama dalam konteks kesehatan masyarakat yang lebih luas.

Mengapa isu ini begitu penting? Pertama-tama, flu Singapura dapat menular dengan cepat di antara anggota keluarga, terutama anak-anak dan bayi.

Dalam momen mudik, di mana kita sering berinteraksi dengan banyak orang, risiko penularan menjadi lebih tinggi. Selain itu, dengan meningkatnya mobilitas penduduk saat mudik, penyebaran flu Singapura dapat meluas ke berbagai wilayah dengan cepat, membahayakan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Oleh karena itu, memahami pentingnya persiapan kesehatan dalam konteks mudik dan menghadapi risiko flu Singapura adalah langkah penting dalam menjaga kesejahteraan diri sendiri, keluarga, dan masyarakat secara lebih luas. Dalam upaya mencegah penyebaran penyakit ini, persiapan kesehatan harus menjadi prioritas utama bagi setiap individu yang akan melakukan perjalanan mudik.

Dalam artikel ini, saya akan menyoroti pentingnya persiapan kesehatan dalam perjalanan mudik, khususnya dengan mengantisipasi risiko flu Singapura yang sedang merebak di Indonesia. Persiapan kesehatan bukanlah hal yang boleh diabaikan dalam konteks mudik, mengingat tingginya risiko penularan penyakit, terutama seperti flu Singapura yang sedang menjadi perhatian saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun