Seperti yang kita tahu, bahwa tidak semua orang cocok bekerja dari rumah atau menjalani Work From Home (WFH). Ada beberapa alasan yang mungkin bagi sebagian orang menjadi tidak cocok menjalani WFH ini.Â
Salah satu alasan mengapa bagi sebagian orang tidak cocok menjalani WFH ini yaitu karena suasana di rumah tidak mendukung untuk bekerja seperti terdapat balita, lansia, atau kurang nyaman, dan berbagai alasan lainnya. Tetapi ada pula bagi sebagian orang WFH menjadi hal yang menyenangkan, karena bisa lebih santai tanpa dikejar-kejar jam masuk kantor.
Jika dipaksakan menjalani WFH, orang yang tidak cocok bekerja dari rumah atau menjalani Work From Home (WFH) seperti ini akan mudah lelah atau bahkan stres.Â
Menurut wikipedia, Kelelahan adalah suatu kondisi yang memiliki tanda berkurangnya kapasitas yang dimiliki seseorang untuk bekerja dan mengurangi efisiensi prestasi, dan biasanya hal ini disertai dengan perasaan letih dan lemah.
Kelelahan ketika bekerja atau biasa disebut sebagai burnout ini merupakan salah satu hal yang banyak menimpa pekerja saat ini. World Health Organization (WHO) saat ini bahkan menggolongkan burnout sebagai salah satu kondisi kesehatan
Burnout dijelaskan oleh WHO sebagai sebuah sindrom yang muncul dari stres kronis di tempat kerja yang tidak bisa diatur secara sukses. Ketika seseorang mengalami kondisi ini, tentu saja terjadi sejumlah masalah kesehatan yang membuat produktivitas kerja malah menurun.
Berikut 5 tips atau cara untuk mengatasi kelelahan saat menjalani Work From Home (WFH) :
1. Menyisihkan waktu untuk diri sendiri
Temukan dan sisihkan waktu untuk diri sendiri dalam sehari. Misalnya, 1 atau 2 jam sebelum memulai WFH, habiskan pagi hari dengan melakukan hal yang disukai.
2. Tidur siang
Beristirahat merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelelahan. Lakukanlah tidur siang untuk memberi waktu otak agar beristirahat di tengah kesibukan kantor.