Digital

Tahukah Kamu tentang Sejarah dan Perkembangan Internet?

14 September 2018   18:55 Diperbarui: 15 September 2018   10:21 126 1 1
Tahukah Kamu tentang Sejarah dan Perkembangan Internet?
boots-5b9bc49d43322f0fe36e9f02.png

SEJARAH INTERNET

Internet singkatan dari Interconnection Networking, yang memiliki arti secara umum yaitu sistem jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika berhasil membangun sebuah jaringan komputer yang di sebut ARPANET.

Proyek internet pada awalnya hanya untuk keperluan Departemen Pertahanan Amerika. Anggota militer saat itu membuat sistem jaringan komputer dengan cara menyambungkan beberapa komputer di wilayah-wilayah untuk mencegah terjadinya informasi terpusat. ARPANET pada awalnya memiliki 4 situs yaitu:

Stanford Resarch Institue

  • University of California
  • Santa Barbara
  • University of Utah

ARPANET diperkenalkan secara umum pada bulan oktober 1972. Setelah berjalan cukup lama, ternyata proyek ini berkembang pesat karena banyaknya universitas yang ingin bergabung, maka ARPANET dibagi mejadi dua yaitu MILNET dan ARPANET kecil.

MILNET digunakan khusus untuk militer, sementara ARPANET digunakan untuk non militer. MILNET dan ARPANET digabungkan dan terkenal mejadi DARPA internet yang kemudian diubah lagi agar menjadi lebih mudah untuk di ingat disebut dengan Internet.

PERKEMBANGAN INTERNET

Internet saat in telah berkembang pesat hingga dapat di akses di seluruh dunia. Didalam internet terdapat beberapa protokol yang digunakan antara lain yaitu TFC, DNS, IP, SSL, FTP, TELNET, HTTPS, SSH, HTTP, POP3, UDP, IMAP, dan AMTP. Layangan internet yang populer biasanya disebut email, News Group, WWW. Internet juga dapat digunakan untuk berhubungan anatar dua pengguna bahkan lebih dari dua melalui aplikasi media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram dan lain-lain.

Internet saat ini memiliki pengaruh yang besar terhadap aktivitas manusia. Dengan mengakses internet maka pengguna dapat memperoleh informasi yang lengkap dan mendapatkan pandangan yang luas baik mengenai ilmu pengetahuan maupun tentang wawasan dunia lainnya.

sumber:

Syaefullah, Asep dan Margianto, J.Heru. Media Online: Pembaca, Laba dan Etika (http://aji.or.id/upload/article_doc/Media_Online.pdf).