Mohon tunggu...
Ridho Wijaksono
Ridho Wijaksono Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi main sepakbola dan futsal

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Model Latihan Inkuiri: Dari Fakta ke Teori

4 Oktober 2022   15:05 Diperbarui: 4 Oktober 2022   15:27 88 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Ahli yang menyusun model latihan Inkuiri adalah Richard Suchman, Ia berpendapat bahwa tiap individu memiliki keinginan meneliti secara alamiah. Keingintahuan yang ada pada individu tidak terarah, oleh karena itu diperlukan latihan meneliti.

Model latihan Inkuiri dirancang untuk memperbesar keberanian meneliti secara terarah, latihan bertujuan untuk membantu siswa mengembangkan disiplin berpikir dalam meneliti secara bebas. Model ini mengutamakan penguasaan proses meneliti dan kesadaran tentang pentingnya penelitian.

Model latihan Inkuiri adalah pola belajar-mengajar yang dirancang untuk melatih siswa melakukan proses meneliti. Penelitian itu dapat terjadi bila siswa dihadapkan pada masalah yang mengandung tantangan intelektual secara bebas, terarah ke dalam kegiatan meneliti untuk memperoleh pengetahuan.

Siswa memiliki keingintahuan meneliti secara alamiah, keinginan tersebut seringkali tidak terarah. Model Latihan Inkuiri dirancang untuk menciptakan tantangan untuk bernalar. Keingintahuan yang tidak terarah, kemudian diarahkan dengan langkah-langkah meneliti dan bereksperimentasi. Oleh karena itu model ini bukan hanya (i) melatih ketrampilan meneliti, (ii) menyadarkan pentingnya penelitian, tetapi juga (iii) mengaktifkan siswa belajar memperoleh pengetahuan.

1. Urutan Langkah Mengajar

Pengajaran yang menggunakan Latihan Inkuiri mengenal lima langkah mengajar sebagai berikut:

a. Langkah Pertama : Menghadapkan siswa pada masalah. masalah tersebut menantang siswa untuk meneliti. Kemudian guru menjelaskan Langkah-langkah dan cara meneliti.

b. Langkah Kedua : Siswa memeriksa sifat dan kondisi hal yang diteliti. Ia merinci dan memeriksa hal-hal, kejadian-kejadian yang terkait dengan masalah.

c. Langkah Ketiga : Pengumpulan data dan melakukan percobaan. Dalam langkah ini siswa menguraikan fakta-fakta, memerinci, dan menggolongkannya. Siswa menyusun hipotesis dan melihat hubungan sebab akibat.

d. Langkah keempat : Siswa menyusun penjelasan tentang hubungan hal-hal yang diteliti dengan hipotesis, dan peramalan.

e. Langkah Kelima : Memikirkan kembali proses penelitian dan mengembangkannya menjadi cara penelitian yang lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan