Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen - Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Sebelum ke Amerika, Latihan Nyetir di Sini Dulu

8 April 2024   14:50 Diperbarui: 8 April 2024   14:52 330
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tol Cirebon Semarang: Dokpri 


Hari Raya Iedul Fitri akan tiba dalam hitungan hari. Arus mudik sudah melalui ramai dan kian mencapai puncaknya. Baik yang menggunakan pesawat terbang, kereta api, kapal, bus atau kendaraan pribadi, suasana mudik ditandai dengan keramaian.

Kepadatan di pelabuhan Merak, macet orang di jalan lintas Sumatra antara Palembang dan Jambi sudah menjadi berita yang menarik dalam musim mudik kali ini.

Sementara itu di pulau Jawa  sendiri diberlakukan kontra low dan arus one way atau satu arah di Jalan Tol Trans Jawa antara Jakarta hingga Semarang di Kali Kangkung.

Ternyata berkendara di kalau oneway, khususnya di Jalur sebelah kanan yang seharusnya digunakan untuk menuju Jakarta memberikan pengalaman yang unik dan cukup menarik.

Ha pertama yang harus diperhatikan adalah karena melawan arah, maka jakur ini tidak dilengkapi rambu lalu lintas yang permanen. Kalau kita ingin keluar tol di Cirebon, Tegal atau Pekalongan, maka bisa keluar di sebelah kanan, yaitu di jalur yang biasanya digunakan untuk masuk.

Selain itu, semua rest  area termasuk tempat istirahat dan pom bensin alias SPBU juga berada di sebelah kanan.


Singkatnya berkendara di jalur ini, saya merasa berkendara di negara-negara setir kiri atau kendaraan melaju di sebelah kanan seperti di sebagian besar Eropa, Tiongkok, Rusia, Tinur Tengah , Korea, Filipina, dan tentu saja Amerika.

Namun di sini sering terjadi kesalahpahaman mengenai jalur yang benar untuk mendahului.  Bila  di jalur kiri seperti biasa kendaraan yang lebih lambat ada di tepi kiri dan mendahului dari sebelah kanan. Namun di jalur  ini pengendara ada juga yang perlahan di jalur kanan dna mendahului di sebelah kiri.

Pada awalnya saya Semit sedikit bingung sampai akhirnya memutuskan untuk mengikuti saja gaya Amerika yaitu mendahului dari sebelah kiri dan perlahan jika di sebelah kanan.

Menurut pendapat saya pribadi ini adalah yang benar karena dari kanan sering Nunuk kendaraan yang perlahan karena baru saja selesai mampir di rest area dan di jalur  ini pula banyak kendaraan yang melaju perlahan karena akan masuk ke tempat istirahat tersebut .

Sayangnya sama sekali tidak ada petunjuk dan panduan misalnya tulisan kendaraan lambat berada di sebelah kanan atau mendahului dari sebelah kiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun