Mohon tunggu...
Ridho Pangestu
Ridho Pangestu Mohon Tunggu... Wiraswasta - 1900030250

Manusia kurang ilmu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Positifnya Perkembangan Media

10 Juli 2021   19:41 Diperbarui: 16 Juli 2021   14:03 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teknologi informasi dan komunikasi(TIK).
tik dapat di artikan sebagai segala kegiatan yang berkaitan dengan proses, pengelolaan, dan penyampaian atau pemindahan informasi antara sarana /media.


di tulisan ini saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (tik).
Setelah lulus SMA saya memutuskan untuk tidak menganggur ataupun bekerja, karena saya ingin merasakan dunia perkuliahan, allhamdulilah tercapai hingga saat ini, saya kuliah di universitas ahmad dahlan yogyakarta program studi ilmu komunikasi mengambil minat public relations, karena emang kemauan diri sendiri.


Saya mengenal media semejak sma yang mana media yang saya tau yaitu media sosial (medsos), seperti Facebook,youtube,instagram dan banyak lainnya, namun  di perkuliahanlah saya mengenal media lebih dalam, pada semester genap (dua) saya mendapatkan mata kuliah jurnalistik, yang mana makul ini mengajarkan saya untuk menulis walaupun hanya menulis pengalaman-pengalaman yang pernah saya alami di masa sma dulu.


Lanjut ke semester empat aja yah biar gak ada orang ke tiganya hihihi, maksudnya semester tiga gak perlu di ceritakan la ya.


Di semester empat saya mendapat mata kuliah teknologi informasi dan komunikasi yang mana makul ini juga mengajarkan untuk menulis dan mengirim tulisan ke blok(media) yang di ketahui, nah di semester dua tadi itu hanya menulis di word dak tidak di anjurkan untuk mengupload tulisan ke blok(media). Ya bisa di katakan hanya tahap awal lah ya di semester dua.
Nah di semester empat tulisan harus wajib upload ke media, sembari belajar menulis dengan benar dan mengetahui di mana kekurangan di tulisan tersebut.
awal pertama kali tulisan saya upload ke media dengan judul JOGJA COMMUNICATION CONFERENCE (JCC), judul ini di ambil dari event yang di adakan di kampus saya, pertama saya coba kirim ke mojok, karena tulisan saya mungkin menarik dan tidak di acc sama admin mojok tersebut, lalu saya coba kirim ke Kompasiana dan akhirnya tulisan tersebut di Terima di Kompasiana dengan tulisan yang masih cupu dan tampil apa ada nya.


Pertemuan demi pertemuan dan akhirnya ketemu lagi yang namanya menulis, di tulisan ke dua ini dengan judul perbedaan media, karena saya sudah merasa kecewa dengan Platform lain, tampa rasa ragu saya mengupload tulisan saya ke Kompasiana lagi supaya cepat di Terima tanpa banyak urusan, ya allhamdulilah tulisan saya masih di Terima oleh Kompasiana tercinta, di tulisan ke dua saya menjelaskan tentang perbedaan media, penggunaan media dan dampak positif bagi media baru.


Untuk pertemuan ke tiga saya kembali menulis dengan judul konvergensi media.
Di tulisan ini ada sedikit kendala, kiriman pertama saya di tolak oleh Kompasiana karena melanggar peraturan dari pihak Kompasiana, ya terpaksa saya membuat dan mengoreksi tulisan saya, dan saya Kirim kan lagi dengan judul yang sama tapi topik yang berbeda dan akhirnya di Terima lagi.


Setelah beberapa kali saya menulis dan saya slalu kirimkan tulisan saya ke Kompasiana, karena bagi saya Kompasiana merupakan platform yang tidak menyusahkan dan tidak memandang bagus atau jeleknya tulisan yang penting di tulis sendiri aja udah bisa masuk ke Kompasiana.

Dampak positif perkembangan media yang pernah saya alami;

Dari perkembangan media saya dapat menambah pengetahuan dan pengalaman, seperti dengan membaca banyak informasi yang ada di instagram @infoduni dan platform kompasiana,saya dapat mengetahui kejadian-kejadian yang sedang di alami di sekitar saya maupun di luar sana, dan saya dapat melihat cara-cara mamainkan gitar di chanel youtube aryanara, dari media saya juga dapat menambah pergaulan, seperti bermain game, berkenalan dengan banyak orang yang ada di aplikasi tantan, dan banyak lagi hal menarik yang bisa kita jumpai dengan adanya perkembangan media tersebut. 

Bukan hanya dampak positif yang bisa kita dapat dari perkembangan media, ada juga sisi negatif nya yang tidak kita sadari;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun