Mohon tunggu...
RICKY SAFRIJAL
RICKY SAFRIJAL Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Jangan Pernah Menyerah

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

7 Kuliner Khas Brebes Jawa Tengah Lengkap dengan Resep Penyajiannya, Yuk Simak

20 Juni 2022   07:42 Diperbarui: 20 Juni 2022   07:45 230 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

7 Kuliner Khas Brebes, Jawa Tengah Lengkap Dengan Resep Penyajiannya, Yuk Simak

Brebes merupakan salah satu kabupaten yang berada pada wilayah Provinsi Jawa Tengah dengan memiliki 17 kecamatan, 5 kelurahan dan 292 desa dengan jumlah penduduk berkisar sebanyak 1.978.759 jiwa pada tahun 2020. Kabupaten Brebes memiliki julukan sebagai kota bawang atau kota telur asin dan lain sebaginya. 

Brebes memiliki motto yaitu "Mangesthi wicara ebahing praja" yang artinya senantiasa bertekad membangun daera dengan mewujudkan kesejahteraan bersama dalam membangun bangsa dan negara. 

Dalam bidang kulinernya Kabupaten Brebes memiliki berbagai menu hidangan kuliner yang dimiliki. Berikut kami rangkum menjadi 7 kuliner khas Brebes, Jawa Tengah lengkap dengan resep cara penyajiannya sebagai berikut.

sate blengong-dok. kulinerbrebes
sate blengong-dok. kulinerbrebes
1. Kuliner Khas Sate Blengong


Kuliner Khas Sate Blengong merupakan kuliner khas yang dimiliki oleh Kabupaten Brebes dan sekitarnya yang memiliki bahan dasar bebek atau itik yang di tumis dengan campurran bumbu spesial lalu dimasak dengan santan agar memiliki ciri khas aroma yang wangi dan menjadikan sate tersebut menjadi nikmat dan lezat. Jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah olahan sate blengong khas Brebes, Jawa Tengah.


Berikut resep dan bahan-bahan yang perlu anda persiapkan dalam membuat kuliner khas sate blengong sebagai berikut. Bahan-bahannya : 3 sdm minyak goreng, 100 gr kacang tanag yang telah disangrai dan dihaluskan, 600 gr daginng bebek yang sudah dipotong memanjang untuk dibuat sate, 2 sdt garam, 500 ml santan kental, 15 tusuk sate, dan air secukupnya.Bumbu halusnya : 10 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 6 buah cabe merah keriting, 3 buah cabe rawit, 2 cm kunyit dikupas dan di bakar, 2 cm jahe kupas, dan 1/2 sdt ketumbar.


Cara membuatnya : Siapkan wajan lalu olesi dengan minyak goreng dan nyalakan api sedang saja lalu tumislah bumbu halusnya sampai beraroma wangi lalu tambahkan kacang tanah halus dan aduklah sampai merata. 

Tambahkan daging bebeknya, garam dan air secukupnya dan masaklah sampai air menyusut dan beraroma wangi lalu tambahkan santan sembari di aduk dan tutup lalu masaklah sampai air menyusut dan dagingnya empuk. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan