Mohon tunggu...
Dapurfit
Dapurfit Mohon Tunggu... Home of #SmartDieter

Di Kompasiana, kami berkomitmen untuk membuat konten yang 100% informasi, 0% marketing. Semua konten kami 100% evidence-based, dan akan disertai referensi jurnal ilmiah (studi/ penelitian).

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Minum Air Dingin Bikin Gagal Diet?

3 April 2021   14:43 Diperbarui: 3 April 2021   14:49 112 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Minum Air Dingin Bikin Gagal Diet?
Bongkar Mitos bersama Dapurfit (sumber: instagram Dapurfit)

Dari judul di atas, menurut Anda apakah mungkin air dingin dapat membuat gemuk? Beberapa orang percaya bahwa air dingin dapat membekukan lemak, sehingga dapat membuat gemuk dan gagal diet

Namun, perkataan itu tidak benar! Dalam artikel ini, mari kita bongkar mitos ini bersama-sama.

Minum air dingin tidak dapat membekukan lemak di dalam tubuh

Ibaratnya, jika kalian mengatakan minum air dingin dapat membekukan lemak, itu sama saja dengan mengatakan minum jus bayam dapat membuat darah menjadi hijau, yang mana keduanya salah total. Kepercayaan ini sama sekali tidak memiliki dasar ilmiah dan tidak sesuai dengan cara kerja tubuh.

Kenyataannya, ketika kita minum air dingin, dalam beberapa detik suhu air akan diubah menjadi hangat seperti suhu tubuh oleh tubuh kita. Hal ini terjadi karena otak, kelenjar tiroid, kelenjar keringat, sistem syaraf, dan otot kita akan selalu bekerjasama untuk menjaga suhu tubuh agar selalu stabil. Mekanisme ini disebut dengan homeostatis.

Apa itu homeostatis?

Pernahkah Anda menyentuh tubuh orang yang telah meninggal? Ketika menyentuh tubuh orang yang telah meninggal, meski berada di ruangan yang sama, akan terasa dingin karena suhu tubuh mereka lebih rendah dibandingkan suhu tubuh kita yang hangat. 

Hal ini dikarenakan mekanisme homeostatis tubuh kita menjaga agar suhu tubuh kita stabil. Sedangkan orang yang telah meninggal tidak lagi memiliki mekanisme itu, sehingga suhu tubuhnya akan mengikuti suhu ruangan di sekitarnya.

Mekanisme tubuh kita inilah yang menyebabkan air tidak akan selalu dingin di dalam tubuh. Karena tubuh kita akan merubah suhu air mengikuti suhu internal tubuh kita. Dan tentu saja tubuh kita memerlukan energi untuk melakukan mekanisme ini. 

Sehingga minum air dingin justru dapat meningkatkan pembakaran kalori tubuh kita! Namun, perlu dicatat bahwa peningkatan metabolic rate ini sangat kecil, yaitu hanya 5kcal per 1 gelas penuh air dingin, sehingga tidak cukup signifkan untuk membantu diet.

"Kok, cuma 5kcal?"

Ketika kita minum segelas penuh (250mL) air dingin (15C), tubuh perlu mengubah 250mL air tersebut ke suhu tubuh yaitu 37C. Artinya, tubuh perlu meningkatkan suhu air sebesar 22C. Untuk meningkatkan suhu 1L air sebesar 1C, diperlukan 1kcal. Sehingga untuk meningkatkan suhu segelas air dingin, tubuh perlu membakar sekitar 5kcal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x