Mohon tunggu...
YUSRIANA SIREGAR PAHU
YUSRIANA SIREGAR PAHU Mohon Tunggu... Guru - GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Nama : Yusriana, S.Pd, Lahir: Sontang Lama, Pasaman. pada Minggu, 25 Mei 1975, beragama Islam. S1-FKIP UMSB. Hobi: Menulis, membaca, menyanyi, baca puisi, dan memasak.Kategori tulisan paling disukai artikel edukasi, cerpen, puisi, dan Topik Pilihan Kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

PTK Ditulis Sesuai Langkah Kerja di Kelas

21 Agustus 2022   15:54 Diperbarui: 21 Agustus 2022   16:13 1303
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menulis PTK dengan Mudah

Kalau tak kenal maka tak sayang. Kalau tak sayang maka tak cinta. Itulah kata pepatah.

Demikian pula dengan menulis. Bagaimana Anda akan menulis mudah jika kenalan saja dengan menulis tak mau dan banyak alasan.

Menulis PTK dengan mudah bukan hanya impian jika kita sudah berkenalan dengannya. Tahu namanya, tahu wajahnya, dan tahu kurenahnya atau istilah kerennya sistematikanya. Tulis saja sesuai langkah kerja Anda di kelas.

Menulis PTK dengan mudah itu apa sih?


Menulis PTK dengan mudah adalah kegiatan menulis PTK semudah membalikkan telapak tangan. Begitu mudah jika kita konsisten dengan Proses Belajar Mengajar di kelas kita. Ya sesuai langkah kerja di kelas saja.

PTK itu apa?

PTK adalah karya ilmiah yang berisi penelitian guru tentang tindakan di kelas baik untuk proses perbaikan maupun peningkatan mutu pembelajaran dan pendidikan anak di kelas.

Penelitian Tindakan Kelas

Tindakan merupakan semua kegiatan dan tindak tanduk guru di kelas untuk melakukan pembelajaran. Upaya guru dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.

Misalnya upaya guru berupa :
1. Pemilihan bahan ajar yang tepat.
2. Penetapan alat peraga atau media pembelajaran yang tepat.
3. Pemilihan dan penetapan model atau metode pembelajaran sesuai latar belakang kehidupan siswa.

Ketika guru mengolaborasikan ketiga komponen di atas di dalam kelas, itulah yang kita sebut tindakan guru di kelas dalam PBM.

Ada baiknya tindakan PBM itu diteliti hasilnya. Apakah penerapan ketiga komponen itu dapat meningkatkan mutu atau kualitas pembelajaran.

Mutu atau kualitas pembelajaran diukur sesuai tingkat ketuntasan siswa dan ketercapaian kompetensi yang sudah dipetakan dalam kurikulum.

Dalam memenuhi kualitas pembelajaran yang bermutu ini tentu tak mulus. Banyak permasalahan dan kendala yang terjadi dalam PBM tersebut. 

Misal, siswa kurang dapat menangkap paparan materi oleh guru, guru kurang cakap dan salah dalam pemilihan dan pemanfaatan media pembelajaran, guru belum pas memilih dan menetapkan metode pembelajaran.

Di sinilah perlunya peran Peniliaian Tindakan Kelas dengan teman sejawat . Melalui Penelitian Tindakan Kelas ini akan terdeteksi kelemahan dan kesalahan Proses Pembelajaran. Tentu akan terlihat pula pada hasil pencapaian siswa. Tuntas tidak tuntas sesuai penetapan KKM mata pelajaran.

Tujuan paling dasar dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah membantu memecahkan masalah belajar manusia sepanjang hayat, dimana saja, kapan saja, dan dengan cara apa saja secara sistematis.

Semisal jika masalah belajar terjadi di ruang-ruang kelas pembelajaran maka pemecahan masalah belajarnya dapat dilakukan dengan menerapkan teori dan praktik teknologi pendidikan.

Teknologi Pendidikan maksudnya gabungan penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak komputer dengan teori pendidikan dan praktik untuk memfasilitasi pembelajaran Jika disebut dengan singkatannya, edtech, seringkali mengacu pada industri perusahaan yang menciptakan teknologi pendidikan.

Hanya saja belum semua sekolah dan guru bisa menerapkan teknologi pendidikan ini. Sebagian sekolah masih tetap menggunakan metode ceramah, penugasan pada buku latihan, dan ulangan harian berbasis tulisan tangan berupa esay atau uraian.

Baru-baru ini saya coba terapkan pembelajaran dengan pendekatan Project Based Learning. Pembelajaran berbasis proyek, metoda pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai model/metode.

Proyek percobaan: dokpri
Proyek percobaan: dokpri

Proses menggoreng: dokpri
Proses menggoreng: dokpri

Proses menyajikan: dokpri
Proses menyajikan: dokpri

Peserta didik melakukan:

1. Eksplorasi (penjelajahan atau pencarian metode yang tepat dalam pembuatan ayam krispi krenyezzz).

2. Penilaian (proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dalam percobaan pembuatan ayam krispi krenyezzz).

3. Interpretasi (proses mengkomunikasikan  melalui lisan atau gerakan antara dua atau lebih pembicara).

4. Sintesis (hasil akhir dari percobaan untuk menggabungkan antara model lama dan penemuan terbaru). 

5. Informasi (keterangan, pernyataan, gagasan, baik data, fakta maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar, dan dibaca yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi).

Pada akhir tugas proyek siswa menginformasikan hasil belajar melalui Teks bernama Laporan Hasil Percobaan Siswa. Nah Teks laporan percobaan inilah yang dijadikan bahan Menulis PTK. Berarti Anda menulis tentang hasil belajar. Kita akan menguji metode pendekatan project based learning dalam menulis teks laporan percobaan pembuatan ayam krispi krenyezzz.

Menginformasikan hasil belajar dengan teknologi pendidikan : siswa menulis di kompasiana: sumber foto Yusriana
Menginformasikan hasil belajar dengan teknologi pendidikan : siswa menulis di kompasiana: sumber foto Yusriana

Adapun Media yang bisa dimanfaatkan siswa berupa media You Tube, face book, instagram, WA, maupun Tweeter. Lanjut menetapkan judul PTK. Misalnya Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Percobaan Pembuatan Ayam Krispi Krenyezzz Siswa Kelas IX C ----- sebutkan nama sekolah.

Anda sudah bisa memulai menulis di BAB I tentang Latar Belakang Masalah dan pastikan siswa Anda juga telah selesai proyek percobaan dan proyek menulis laporan percobaan. Karena dibatasi jumlah kata di sini maka penulis cuma bisa merekomendasikan kepada Anda cara menulis PTK di judul tulisan saya yang lain di bawah.

Boleh juga Anda cari satu contoh PTK di google sebagai pedoman tentang sistematika PTK. Cover berisi judul PTK, logo sekolah, nama dan nip penulis, dan identitas sekolah.

Contoh cover PTK: Dokpri
Contoh cover PTK: Dokpri

BAB  I : Dokpri
BAB  I : Dokpri

BAB  II : Dokpri 
BAB  II : Dokpri 

BAB  III : Dokpri
BAB  III : Dokpri

BAB  IV : Dokpri
BAB  IV : Dokpri

BAB  V : Pentup
BAB  V : Pentup

Setiap poin bab diuraikan dengan pernyataan umum ke khusus. Semoga tulisan kecil ini bermanfaat bagi pembaca kompasianer di mana saja berada.

Rujukan Menyiasati Ayam Krispi yang Krenyezzz, Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa dengan Pendekatan Kontekstual, Mewujudkan Pelajar Pancasila Melalui Bahasa Indonesia pada Proses Percobaan Pembuatan Ayam Krispi.

Yusriana, S.Pd. berbagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun