Mohon tunggu...
Rian Andini
Rian Andini Mohon Tunggu... Emak Blogger

rianandini999.blogspot.com resensiriri.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Sehatdangaya Pilihan

Konsep "Daur Ulang" untuk Memasak Menu Sahur

15 Mei 2020   20:00 Diperbarui: 15 Mei 2020   19:59 8 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Konsep "Daur Ulang" untuk Memasak Menu Sahur
sumber gambar: pixabay.com. Ilustrasi kegiatan memask di dapur.




Kira-kira dua dekade yang lalu, saya pernah menonton kartun Chibi Maruko-chan yang bercerita tentang cara memasak menggunakan bahan sisa di kulkas.

Konflik diawali dengan kegaduhan keluarga Maruko karena akan kedatangan tim acara reality show yang akan mengungkap tentang menu makan malam istimewa. Karena acara yang mendadak, ibu Maruko akhirnya masak menggunakan bahan makanan sisa dan seadanya.

Dengan konsep begini, ibu maruko berhasil membuat menu yang banyak dan tetap enak. Mereka berhasil melewati acara reality show dengan sukses.

Konsep daur ulang seperti ini juga diterapkan oleh ibu saat mengajarkan saya memasak. Daripada mengomel karena lauk yang masih banyak tersisa di meja makan, ia selalu memasak ulang dengan bahan makanan yang sudah ada.

Ibu saya selalu bisa mengubahnya menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda, sehingga kami selalu bergairah ketika makan karena merasa lauknya sudah berganti.

Konsep memasak dengan cara seperti ibu-ibu ini tentu saja membawa banyak keuntungan. Selain hemat karena nggak perlu beli bahan makanan lagi, tentunya juga mudah untuk diolah karena bahan tambahannya hanya menggunakan bawang-bawangan dan cabai sesuai selera.

Pada dasarnya, konsep memasak daur ulang seperti ini hanya memerlukan kemampuan dasar dalam urusan memasak yakni menumis. Misalnya saja, ikan layang goreng yang Anda masak tadi pagi masih tersisa banyak.

Maka untuk membuatnya menjadi menu baru, Anda hanya perlu bawang, cabai, dan minyak goreng. Berikut proses pembuatannya menu ikan layang suwir.

Bahan:
Ikan layang yang sudah digoreng
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
cabai sesuai selera
1 buah tomat
3 sendok makan minyak goreng
saus tiram
Kecap manis
Garam dan penyedap rasa

Cara membuat

  • Kupas bawang merah dan bawang putih lalu iris tipis. Kalau ada bawang bombay yang harganya mahal itu bisa juga digunakan untuk menambah tekstur renyah pada masakan. Kalau enggak ada, nggak usah dipaksa.
  • Iris cabai dan tomat menjadi potongan-potongan kecil. Kalau suka pedas, Anda bisa menggunakan cabai lebih banyak. Kalau nggak suka pedas, pakai saja cabai merah besar saja. Biar lebih mantap, tambahkan potongan tomat kalau ada.
  • Suwir ikan layang goreng sisa menjadi potongan-potongan yang kecil.
  • Siapkan wajan bersih dan minyak goreng. Kalau mau lebih sehat, Anda bisa menggunakan minyak olive oil. Ingat, olive oil yang untuk memasak, bukan yang untuk pijat.
  • Panaskan minyak goreng, lalu masukkan bawang merah dan putih. Setelah harum, masukkan potongan cabai dan tomat.
  • Masukkan ikan yang yang sudah disuwir. Tambahkan pula saus tiram, kecap manis, garam, dan penyedap rasa sesuai selera. Aduk hingga merata.
  • Ikan layang suwir siap disajikan.

Memasak dengan konsep daur ulang sangatlah instagramable untuk diunggah. Anda bisa menambahkan caption tentang pentingnya zero waste dan hashtag gogreen atau sejenisnya yang berbau ramah lingkungan.

Di bulan ramadhan seperti ini, biasanya sampah sisa makanan akan membludak dan dengan mengembangkan kemampuan memasak makanan sisa, Anda bisa mengurangi food waste dari Indonesia yang katanya menempati juara kedua setelah Arab Saudi. Selamat memasak.

VIDEO PILIHAN