Mohon tunggu...
Rian Umbu
Rian Umbu Mohon Tunggu... Penulis Jalanan

Menulis Membuka Pikiran Baru

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Crew KRT Hadir untuk Persaudaraan

28 Desember 2019   18:54 Diperbarui: 28 Desember 2019   18:59 27 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Crew KRT Hadir untuk Persaudaraan
Crew KRT. dokpri

Zaman milineal sekarang banyak perubahan yang terjadi pada diri anak muda/i dalam menunjukan karakter yang patut diberi apresiasi dalam lingkungan masyarakat. 

Zaman revolusi industri ini, tidak lagi dibutuhkan karakter anak mudah yang mengandalkan fisik atau pun keturunan(turunan bangsawan). Melainkan daya pikir yang kritis dan revolusi mental itulah yang akan dilihat dalam membangun negeri ini.

dokpri
dokpri
Di satu desa yang berada di Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya, terlihat perkumpalan anak muda yang begitu memotivasi anak muda lainnya dalam menjaga persatuan. 

Uniknya, perkumpulan ini tidak seperti organisasi lainnya yang hanya melibatkan mahasiswa. Tetapi, kelompok kecil sangat membantu anak didik ditingkat SMA untuk terus memberikan yang terbaik di lingkungannya.

KRT diskusi pinggir pantai
KRT diskusi pinggir pantai

Perkumpulan kecil yang terdiri dari beberapa anak Sekolah Menengah Atas(SMA) yang menemai diri mereka KRT (Kemuning Reaching Team) telah berdiri setahun lebih.

Dalam kelompok ini juga dijadikan tempat beredukasi  melalui diskusi-diskusi kecil yang membangun. Bukan hanya kegiatan refresing saja yang dilakukan, namun kegiatan bakti sosial pun menjadi tanggung jawab dari kelompok kecil itu. 

Tampak terlihat, pada bulan Desember ini,  crew KRT melakukan pembakaran seribu lilin sepenjang jalan. Hal tersebut dilakukan untuk menjemput Sang Juru selamat yang datang membawa kehidupan di dunia yang fana ini. Kegiatan itu menjadi bukti bahwa jiwa religius telah hadir dalam diri mereka.

Pembakaran Seribu Lilin Di Malam Natal
Pembakaran Seribu Lilin Di Malam Natal
Pemuda yang terlibat dalam crew KRT itu merupakan tokoh muda SMA yang sangat peduli dengan kerukunan dan kenyamanan dalam lingkungan sosial. Selain itu, KRT juga anti miras, anti hoax, anti judi.

Wah... Seandainya semua adik-adik kita yang SMA seperti itu, maka saya meyakini bahwa Negara ini akan menghsilkan aset yang berkompetensi. Mengapa?  Karena dari dini karakter mereka akan terbentuk melalui diskusi-diskusi kecil yang akan dilakukan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x