Mohon tunggu...
Rully Raki
Rully Raki Mohon Tunggu... Dosen - Pengajar STPM St. Ursula Ende

Penggiat Isu-Isu Sosial dan Pembangunan

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Ekspansi Bisnis Retail, Bahayakah?

20 April 2022   11:44 Diperbarui: 23 April 2022   08:09 1434
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi bisnis retail, jaringan retail. (sumber: freepik.com via kompas.com)

Ekspansi bisnis dalam bentuk perluasan jaringan bisnis retail berskala besar dan modern terus berlanjut. Apabila sebelumnya, bisnis retail modern dengan akhiran mart-mart ataupun minimarket, mall atau bisnis waralaba dalam skala besar.

Ternyata it hanya ditemukan di kota-kota besar di wilayah Jawa dan Sumatera, kini gerai-gerai bisnis itu sudah mulai bermunculan di daerah bahkan di pelosok-pelosok kota Kabupaten.

Dengan tawaran harga, display barang dan pola manajemen dan armada yang besar, mereka merengsek masuk ke pelosok-pelosok daerah. Lokasi dan penempatan pun di atur sedemikian rupa sehingga berada dalam zona-zona strategis. 

Pada kondisi seperti ini, pertanyaan kemudian muncul. Apakah ini merupakan tanda kemajuan dan pembangunan, terutama di daerah pelosok, ataukah malah sebalik, ini merupakan ancaman bagi pelaku ekonomi lokal?

Modernisasi dan Ekspansinya 

Modernisasi yang berkembang dalam konteks kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mendatangkan banyak akibat dan konsekuensi bagi manusia. 

Dalam berbagai aspek, terjadi banyak perubahan. Di bidang ekonomi misalnya, modernisasi dengan pertumbuhan industri dan arus modal menuntut ruang yang lebih luas baik untuk mendapatkan sumberdaya maupun untuk memasarkan hasil produksi (Kniivila, 2007).

Atas alasan tadi muncul banyak langkah dan terobosan, baik secara manual, maupun digital untuk mencapai ruang-ruang itu. Bentuk yang kelihatan kemudian adalah upaya ekplorasi maupun eksploitasi wilayah baru. 

Upaya lain adalah penentuan segmen pasar dan area-area konsumen yang potensial. Semua dibuat untuk mengidentifikasi sumberdaya maupun area pasar yang ada di dalamnya bagi perusahaan-perusahaan nasional dan internasional.

Salah satu bentuk ekspansi konkret adalah pertumbuhan sekutu-sekutu datang dengan perjanjian perdagangan. Hal ini termasuk pencapai kesepakatan pembukaan pasar bebas baik di level internasional maupun level regional. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun