Mohon tunggu...
A. Reztu Eko Saputro
A. Reztu Eko Saputro Mohon Tunggu...

Pribadi berbicara dengan bebas dan bertanggung jawab. https://twitter.com/reztueko

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Windows 10 Mobile, Apakah Terus Hidup?

26 Agustus 2018   18:22 Diperbarui: 26 Agustus 2018   19:46 609 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Windows 10 Mobile, Apakah Terus Hidup?
Dok. ZingGadged.com

Tuban, Jawa Timur - Windows 10 Mobile yang telah dirilis sejak November 2015 mendapatkan kabar terbaru melalui Microsoft Suport Livecycle pada Selasa (14/8) bahwasanya akan tetap mendapat dukungan hingga Desember 2019.

Mengingat lansiran dari Softpedia hari Senin (6/10) CEO Microsoft, Satya Nadella mengutarakan bahwasanya saat ini Windows 10 Mobile bukan lagi menjadi projek utama Microsoft.

Dapat disimpulkan bahwa untuk dukungan Windows 10 selanjutnya hanya sebatas pembaharuan patch dan sekuritas tanpa ada penambahan fitur padahal tujuan awal diciptakan Windows 10 Mobile untuk menjembatani ke perangkat Windows lainnya yang disebut projek OneCore.

Windows 10 Mobile cukup beruntung masih mendapatkan dukungan sementara di lain sisi pendahuluan Windows Phone 8 dan Windows Phone 8.1 telah berhenti menerima dukungan sejak Juli 2017.

Saya sendiri adalah penggunaan Lumia 920 salah satu perangkat bersistem operasi besutan Microsoft tersebut. Lumia 920 perangkat pertama dengan Windows Phone besutan Microsoft dan Nokia cukup sukses dengan dukungan hampir tiga setengah tahun sejak peluncuran dengan pembaharuan resmi terakhir Windows Phone 8.1 Demin. Sebagai perangkat generasi lama Lumia 920 hanya bisa mencicipi Windows 10 Mobile melalui Preview Insider bersama dengan Lumia 520, Lumia 620, Lumia 625, Lumia 720, Lumia 820, Lumia 925 hingga Lumia 1020 dengan Kamera Moster.

Mencicipi fitur Windows 10 Mobile melalui Preview Insider saya mendapatkan experience perangkat mobile yang hapir mendekati perangkat desktop. Kabar terbaru saat ini akses server Preview Insider telah ditutup dan perangkat Lumia generasi lama hanya bisa bertahan di Windows Phone 8 atau Windows Phone 8.1.

Diskusi tertutup pada Selasa (14/8) melalui komunitas facebook Lumia Forum Indonesia saya menerima beragam tanggapan dari para pengguna mengenai kelanjutan perangkat mereka dengan Windows 10 Mobile dan Windows Phone.

"Kalo ane pingin Windows Phone lagi paling dicari kameranya untuk menyalurkan hobi," tanggapan akun Keluarga Pribadi, "Perangkat Lumia Low-End RAM 512 MB bisa main game kelas Asphalt 8," tanggapan akun Haris Gunawan. "Suka tampilan OSnya tapi minim aplikasi," tanggapan akun Firmasyah Wahyu. Dalam diskusi tersebut banyak pengguna yang menyesalkan banyak aplikasi tidak tersedi dan hengkang dari Windows 10 Mobile dan Windows Phone.

Tanggapan keseluruhan dari diskusi didapat kesimpulan bahwa banyak pengguna yang masih setia bertahan berkat tampilan dan fitur yang masih mumpuni khususnya pada sektor performa dan kamera bahkan ada juga pengguna yang menjadikan Lumia sebagai perangkat kedua.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x