Mohon tunggu...
Muchamad Reza Supriyono
Muchamad Reza Supriyono Mohon Tunggu... No one has the ability to do something perfectly. But each person is given a lot of opportunities to do something right.

Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata dan Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2019

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mise En Place di Dalam F&B Service

12 Juni 2021   22:35 Diperbarui: 12 Juni 2021   23:10 40 1 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Perkenalkan sebelumnya nama saya Muchamad Reza Supriyono, seorang Mahasiswa Aktif Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti dan saya juga merupakan seorang Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud Tahun 2019.

Melakukan persiapan terhadap perkerjaan merupakan suatu hal yang sangat penting, selain untuk mempermudah perkerjaan Mise En Place sangatlah berguna untuk mengurangi beberapa perkerjaan yang terkesan terlalu banyak untuk dikerjakan. Mise En Place sendiri merupakan sebuah persiapan yang di lakukan sebelum melakukan perkerjaan guna untuk memperlancar dan mempercepat perkerjaan, salah satunya seperti perkerjaan dibidang F&B Service.

Mise en Place dalam industri F&B Service dapat diartikan sebagai persiapan dan penempatan segala peralatan dan perlengkapan yang akan digunakan dalam penghidangan sajian makanan pada tempatnya, sehingga memudahkan pada saat penggunaanya. Dalam pelaksanaanya, harus senantiasa dipastikan bahwa peralatan dan perlengkapan yang akan digunakan berada dalam keadaan yang bersih, siap digunakan dan  sedemikian rupa diletakan dengan rapih agar pada saat penggunaannya dapat dilakukan secara beraturan serta berurutan sesuai dengan kebutuhan dalam perkerjaan.

adapun berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan Mise En Place sebelum membuka Restaurant

1. Melakukan Persiapan ( Pembersihan dan Penataan ) terhadap penggunaan alat saji, seperti peralatan makan dan minum mulai dari Chinaware, Glassware dan silverware dan alat - alat yang ada di Side Board

2. Melakukan Persiapan Linen Restaurant, seperti Linen untuk meja, Linen untuk serbet makan ( Napkins ) dan lainnya

3. Melakukan Persiapan terhadap alat - alat yang digunakan untuk menyajikan minuman ( Bar Equipment )

4. Melakukan Persiapan terhadap perlengkapan pelayanan seperti wadah garam, lada, sauce dan lainnya

VIDEO PILIHAN