Mohon tunggu...
Reynal Prasetya
Reynal Prasetya Mohon Tunggu... Penulis - Broadcaster yang hobi menulis.

Penyuka Psikologi, Sains, Politik dan Filsafat yang tiba - tiba banting stir jadi penulis Fiksi. Baca cerita terbaru saya disini : https://www.wattpad.com/user/Reypras09

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Tukang Ikan dan Psikologi Penjualan

30 Juni 2022   11:46 Diperbarui: 1 Juli 2022   04:07 1210
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pasar Ikan Jenderal Urip, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (31/10/2019).(KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI)

Menurut Anda, apa kira-kira faktor penting yang menentukan suksesnya penjualan? Apa yang menjadikan orang lain tertarik membeli produk atau jasa Anda? Sebagai penjual, apa yang biasanya kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan?

Sebagai seorang pebinsis, marketing, sales, pedagang atau yang bergelut di bidang UMKM, pertanyaan tersebut seharusnya menjadi kerangka berpikir paling dasar agar dapat menyukseskan usaha Anda.

Karena dengan strategi yang tepat tentu saja usaha Anda akan menghasilkan sesuatu yang jauh lebih besar dan omset yang meningkat daripada biasanya.

Saya bukan seorang pebisnis, marketing, sales atau pun praktisi penjualan. Namun ketika saya ditanya apa faktor penting yang menentukan suskesnya penjualan, maka dengan sederhana saya akan menjawab, "bangunlah hubungan yang baik dan akrab dengan calon costumer atau client Anda."

Tahukah Anda dari mana saya menemukan trik dan rahasia ini? Bukan kawan, bukan dari top marketing, buku, seminar, sekolah atau pun dari jalur akademis. 

Anda boleh percaya atau tidak, saya menemukan trik dan rahasia ini dari seorang penjual ikan yang biasanya berkeliling jualan melewati rumah saya.

Menarik, bukan? Karena berdasarkan pengamatan saya, si penjual ikan ini terbilang sukses. Untuk kampung saya sendiri saja dia sudah punya beberapa pelanggan tetap. Kehadirannya selalu ditunggu-tunggu oleh para emak-emak langganannya.

Pada saat dia sedang tidak berkeliling ke kampung saya, sontak beberapa pelanggannya mencari-cari dan berharap si tukang ikan ini lewat rumahnya. Hal itu yang sering kali tetangga saya lakukan ketika beberapa hari si tukang ikan tersebut tidak berjualan.

Lalu apa sebenarnya yang ia lakukan sehingga ia memiliki begitu banyak pelanggan? 

Sangat sederhana sekali. Ia tidak pernah mengatakan bahwa ikan atau produk yang ia jual paling enak atau paling berkualitas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun