Mohon tunggu...
Resi kartikaprasasti
Resi kartikaprasasti Mohon Tunggu... UIN Maulana Malik Ibrahim,MALANG

Kunci Kesuksesan Adalah Belajar Walau Hanya Selembar Buku

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kegiatan bersama Anak untuk Mempererat Hubungan "Reliationship Skill" di Tengah Wabah Covid-19

7 Mei 2020   21:30 Diperbarui: 7 Mei 2020   21:35 6 1 0 Mohon Tunggu...

Reliationship skill merupakan  keterampilan komunikasih dengan baik , menjalin hubungan dengan keluarga, melawan tekanan sosial yang tidak pantas, saat ada orang yang meminta bantuan kita dapat membantunya sebisah mungkin.  Anak akan mulai membina hubungan saat anak sudah memasuki taham perkembangan, yang mana anak akan mulai memiliki rasa ingin mempuayai teman untuk membina hubungan itu sendiri. 

Hubungan seorang anak dengan teman sebayanya. Yang akan melatih cara komunikasi dengan baik dan menjadi pendengan yang baik buat temannya. Anak akan meniru cara komunikasi kita dengan orang lain, tampa kita sadari anak akan merekam semua apa yang kita katakan dan mereka mulai menirunya. Maka hati-hatilah dalam berkata yang tidak pantas didepan anak.
         Beberapa point-point penting juga yang terdapat dalam reliationship skill, seperti:
1. komunikasi
2. keterlibatan sosial
3. membangun hubungan
4. kerja tim

Yang mana kita ketahui bahwa 4 point tersebut sangat penting bukan hanya untuk kalangan anak-anak tetapi juga untuk kalangan dewasa dan orang tua. Sebab dalam hal berkomunikasi kita dapat saling berinteraksi antara satu dangan yang lainnya sehingga itu akan membantu kita untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain.keterlibatan sosial dan juga kerja tim itu merupakan satu hal yang saling berkaitan. 

Sebab dengan adanya interaksi sosial atau berhubungan langsung ke lingkungan sosial itu sama halnya kita harus siap dalam hal berkerja sama. Contoh kecilnya, yaitu saat kita dalam suatu lingkungan rumah dengan tentangga sekita dan setiap hari minggu warga kampung  mengadakan kerja bakti sosial di lingkungan mereka, otomatis saat kita sudah terjun dalam keterlibatan sosial kita pasti juga akan ikut serta dalam kerja bakti tersebut karena itu adalah kerja tim antar tentangga yang ada di lingkungan itu.

Tapi saat ini kita ketahui bahwa maraknya kasus corona di indonesia atau biasa dipanggil covid-19. yang mana itu akan menghambat banyak aktivitas di luar dan berkurangnya komunikasi dan kontak sosial secara langsung dengan orang lain. Yang mana pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan lockdown, sosial distancing, dan larangan untuk mudik bagi orang yang berada di luar kota. Dan baru-baru ini pemerintah mengeluarkan kebijakan baru yaitu pembatasan sosial berskala besar ( PSBB). Yang makin sulit untuk berinteraksi dengan orang lain.

Tetapi jangan kwatir dengan adanya covid-19 di tahun ini kita masih tetap bisa berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan baik loh. bukan sama orang lain atau teman terdekat, tetapi dengan keluarga. Kita harus bisa mengambil dampak positif dari sini. 

Dengan kita sering berada disuruh kita kamin dekat dan lebih sering berinteraksi dengan orang  rumah, yang mana dulu kita sering keluar rumah dan lebih banyak menghabiskan waktu di luar ketimbang di rumah. Maka ini beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan di rumah dengan keluarga untuk mengembangkan keterampilan hubungan "reliationship skill" dengan keluarga.

1. Belajar dan bekerja bersama
Dengan adanya covid-19, kegiatan belajar yang seharusnya di lakukan di sekolah kini dilakukan di rumah. untung mengantisipasi penyebaran virus corona. Dan anak-anak pun belajar dengan jarak jauh, tetapi disini orang tua di tugaskan untuk bekerja di rumah dan anak belajar dirumah ini bisa di kombinasikan sebagai kegiatan bersama  untuk bekerja dan belajar bersama. Walaupun bekerja dan belajar bersama usahakan suasana rumah tetap santai dan tidak tegang semakin menyenangkan.

2. Permainan
Dirumah kita juga bisa mengajak anak untuk bermain bersama dan mengeratkan hubungan kekeluargaan. Banyak permaianan yang dapat kita lakukan saat berada di rumah, seperti menggambar, membuat pazzel, atau bermain rumah-rumahan di dalam rumah dengan dengan memanfaatkan permaianan yang tersedia di rumah. Dan juga menerapkan sistem hadia atau hukuman yang sederhana yang membuat kesan menyenangkan bagi penang dan yang kalah.

3. Memasak
Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan anak suka terlibat didalamnya. anak biasa ikut kedalam dapur dia inggin membantu ibunya dalam hal memasak. anak juga bisa request menu kesukaannya seperti kue,puding, dan eskrim.  Dengan begitu anak dan ibu bisa masak bersama yang mana anak diminta unruk menyiapkan bahan-bahan yang digunakan nanti dan ibu bertugas untuk memasak.

4. Berkebun
Ajak pula anak untuk berkebun, menanam, atau merawat bunga. Kegiatan ini dapat jadi kegiatan yang edukatif pada anak. kegiatan yang menyenangkan ketika dirumah dan anak juga akan belajar tentang tanaman-tanaman dan itu sangat bagus buat perkembangan anak.

5. Berolahraga
Anak juga dapat mengembangkan keterampilan yang lebih baik "relationship skill" dirumah dengan berolahraga di rumah bersama keluarga dengan batas waktu yang kita tentukan, misalnya 30 menit dalam sehari seminggu tiga kali untuk membiasakan anak hidup sehat dengan berolahlaraga di rumah. Berolahraga bersama bisa dilakukan dengan mengikuti kelas atau meniru gerakan yang banyak tersedia secara online.

6. Aktivitas seni
Lakukan pula kegiatan yang sesuai dengan minat dan hobi anak. Dengan aktivitas seni yang bisa di lakukan di rumah contohnya mengajarkan anak menari, mengajak anak karoke, menggambar dan masih banyak lagi. dalam kegiatan ini anak juga akan mengembangkan motorik pada anak dan itu sangat bagus untuk tumbuh kembang anak. Kegiatan membuat kerajinan tangan yang berguna juga dapat dilakukan bersama anak dan masih banyak kegiatan seni lainnya yang dapat dilakukan di rumah.

itulah beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan untuk keterampilan hubungan atau "reliationship skill" yang bisa kita lakukan di rumah dan dengan adanya lockdonw serta sosial distancing membuat waktu dan kegiatan kita lebih banyak di rumah yang mebuat hubungan dan komunikasi kita dengan keluarga lebih baik dari sebelumnya. Sekian artikel yang saya buat semoga bermanfaat bagi kalian yang telah membacanya.

VIDEO PILIHAN