Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru - Dinas di UPT SD Negeri Kuningan Blitar

Tebarkan manfaat lewat kata-kata. Akun Youtube: https://youtube.com/channel/UCKxiYi5o-gFyq-XmHx3DTbQ

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Halal Bihalal di SDN Kuningan: Mempererat Hubungan Antara Guru, Orang Tua dan Anak-anak

19 April 2024   14:01 Diperbarui: 19 April 2024   14:07 1240
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana Halal Bihalal di SDN Kuningan Blitar | Sumber gambar: Siti Nazarotin

Suasana hangat dan akrab menyelimuti SDN Kuningan pada hari ini, tanggal 19 April 2024, saat acara Halal Bihalal digelar untuk pertama kalinya dengan konsep baru. Tidak hanya para siswa yang berkumpul, tetapi juga para wali murid dan guru-guru turut serta dalam momen tersebut. Mereka ikut bergabung dalam lingkaran kebersamaan, saling berinteraksi, dan berbagi momen keakraban bersama-sama.

Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan Halal Bihalal di SDN Kuningan melibatkan seluruh komunitas sekolah, tidak hanya siswa dan staf sekolah, tetapi juga orang tua (wali murid) yang turut serta dalam menciptakan suasana yang hangat dan harmonis.

Tampak wali murid ikut terlibat dalam Halal Bihalal | Sumber gambar: Siti Nazarotin
Tampak wali murid ikut terlibat dalam Halal Bihalal | Sumber gambar: Siti Nazarotin

Menciptakan Kebersamaan dengan Konsep Baru

Kalau biasanya Halal Bihalal hanya diadakan di halaman sekolah dan hanya melibatkan guru dan siswa saja. Pada hari ini, SDN Kuningan menyajikan sebuah inisiatif yang baru: sebuah acara Halal Bihalal yang melibatkan seluruh komunitas sekolah. 

Di tengah-tengah gemuruh tawa dan obrolan hangat, suasana ini tidak hanya menjadi ajang untuk bersilaturahmi, tetapi juga sebuah platform untuk memperkuat jalinan kebersamaan antara anak-anak, wali murid dan guru-guru. Melalui kehadiran semua pihak, tercipta nuansa inklusif yang memungkinkan berbagi ide, aspirasi, dan harapan untuk masa depan pendidikan yang lebih baik.


Wajah baru  SDN Kuningan | Sumber gambar: Siti Nazarotin
Wajah baru  SDN Kuningan | Sumber gambar: Siti Nazarotin

Menyampaikan Progres Sekolah dan Harapan Masa Depan

Pada acara sambutan Kepala Sekolah, saya menyampaikan progres yang telah dicapai oleh SDN Kuningan selama saya bekerja di situ sejak 1 Juni 2023 lalu, memperkuat komitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan. 

Dari pembenahan fisik, peningkatan kemampuan akademik siswa, hingga pengembangan kompetensi guru. Semua aspek ini menjadi landasan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik. Lebih dari itu, saya juga menyoroti pentingnya peran orang tua dalam mendukung pembelajaran anak-anak di rumah, sehingga kolaborasi antara sekolah dan keluarga dapat semakin ditingkatkan.

Bersalaman saling memaafkan | Sumber gambar: Siti Nazarotin
Bersalaman saling memaafkan | Sumber gambar: Siti Nazarotin

Makna Memaafkan Sambil Bersalaman

Momen bersalaman dan memaafkan menjadi puncak emosional dalam acara Halal Bihalal ini. Di tengah-tengah aroma makanan lezat (Soto Ayam, Es Buah dan Aneka Kue Lebaran) dan manisnya senyuman, semua pihak saling berjabat tangan sambil mengucapkan maaf dan memaafkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun