Mohon tunggu...
Harris Aryadin
Harris Aryadin Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Agribisnis

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

10 Ide Kegiatan Lomba untuk Anak-Anak di Bulan Ramadan

13 Maret 2024   16:31 Diperbarui: 13 Maret 2024   16:33 751
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi anak kecil yang sedang membaca Alquran (pexels.com/Abdullah Ghatasheh)


Bulan Ramadan selalu menjadi waktu yang istimewa bagi kita sebagai umat Muslim, selain menjadi bulan penuh berkah dan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bulan Ramadhan juga menjadi momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, baik kita sebagai orang dewasa, maupun juga dengan anak-anak. Salah satu cara untuk meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan anak-anak yaitu dengan mengadakan lomba untuk mereka.

Adanya lomba tersebut diharapkan anak-anak dapat mengasah kemampuan bakat mereka, dan meningkatkan tali silaturahmi antar mereka. Serta, menumbuhkan rasa pertemanan dan keberanian. Berikut ini adalah 10 ide kegiatan lomba yang bisa diadakan selama bulan Ramadan untuk menginspirasi dan memperkaya pengalaman anak-anak:

1. Membaca Al-Qur'an

Pertama yaitu, lomba membaca Al-Qur'an dengan baik dan lancar. Anak-anak diajak untuk meningkatkan kemampuan membaca dengan tartil dan tajwid yang baik, sehingga mereka dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui kitab suci Islam.

2. Lomba Adzan

Lomba mengumandangkan adzan dengan baik dan benar. Anak-anak belajar tentang adab dan teknik mengumandangkan adzan, sehingga mereka dapat merasakan keindahan dan keagungan panggilan untuk shalat. Serta dapat meningkatkan kepercayaan diri anak-anak.

3. Lomba Menghafal Doa Pendek

Selanjutnya, lomba menghafal doa-doa pendek dalam Islam. Anak-anak diajak untuk mengingat dan menghafal doa-doa sehari-hari serta doa-doa khusus Ramadan.

4. Lomba Sholawat

Lomba sholawat menjadi ide menarik untuk memeriahkan bulan Ramadan. Melalui lomba ini, anak-anak dapat mendalami makna dan keutamaan sholawat serta mencintai Rasulullah SAW.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun