Mohon tunggu...
Reipuri Alayubi
Reipuri Alayubi Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Community Tolerance Indonesia

BERBUAT BAIKLAH WALAU HANYA SEBUAH KATA-KATA

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Jiwa Nasionalisme dan Patriotismenya Pramuka

14 Agustus 2022   09:30 Diperbarui: 14 Agustus 2022   09:36 113 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Di hari ini , waktu ini, jam ini telah ber ulang tahun rumah bersama kita tunas pramuka yang kita banggakan Minggu, 14 Agustus 2022 yang ke-61 nya semoga di ulang tahun ini  jiwa yang bakti di dalam darma selalu abadi melebur dalam kebaikan duniawi.

 kenapa bisa di katakan jiwa nasionalisme dan patriotesme dalam peramuka ?

  Karna di dalam poin darma pramuka semuanya unsur yang menyatukan anak-anak bangsa untuk cinta pada tanah airnya untuk selalu bersama walaupun berbeda di paksa untuk mengerti apa yang namanya kehidupan bersama dan damai . lebih rincinnya kita akan jelaskan dari kesinambungan darma pramuka dengan nilai nasionalisme dan patriotismenya.

cukup lumrah bagi kita yang suka akan dunia pramuka akan isi darma pramuka indonesia.   

Menurut Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, berikut adalah teks Dasa darma pramuka:

  • Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
  • Patriot yang sopan dan kesatria.
  • Patuh dan suka bermusyawarah.
  • Rela menolong dan tabah.
  • Rajin, terampil, dan gembira.
  • Hemat, cermat, dan bersahaja.
  • Disiplin, berani, dan setia.
  • Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
  • Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Dan Ada 3 poin besar dari darma pramuka ini  kewajiban, aturan dan kebenaran. 

Sikap nasionalismenya anak pramuka ada di poin 2,5,9 kenapa 3 poin ini saya katakan poin nasyonalisme nya anak pramuka ?

karna di dalam poin 2 di sebutkan cinta alam dan kasih sayang manusia , motifasinya apa yang sudah di darmakan harus wajib kita laksanakan dan kita perjuanagnkan dari (cinta alam) saja  kita harus cinta alam sekitar kita dan terlebih alam indoneisa. kita jaga dari kerusakan yang melanda indonesia , kita rawat alam inodonesia dari orang yang tak bertanggung jawab , (dan kasih sayang sesama manusia) cukup jeles dalam nilai nasyonalisme juga ada kasih sayang manusia jelasnya memperjuangkan  hak-hak yang tertindas dan memperjuangkan kemerdekaan indonesia bedanya sekarang kita harus berjuang melanjutkan yang sudah menjadi tugas bersama, dan hal yang paling mencolok ialah cinta dan kasih , cinta dan kasih ini sikap kita sebagai manusia menyebarkan rahmat kita pada sesama dan tidak jahat terhadap semama manifestasinya kita baik kepada teman , cinta terhadap lingkungan sekolah dan rumah cinta kebersihan dan juga patuh terhadap orang tua dan guru.

untuk poin ke 5 ( rela menolong dan tabah ) dari saling tolong menolong, saling sayang menyayangi, saling kasih mengasihi , hal itulah yang harus di sikapkan dalam anak pramuka . karna dalam jiwa nasionalisme harus banggat jiwa tolong menolongnya. kalau ada teman atau kerabat yang minta pertolongan kita sebagai jiwa nasyonalis harus peka dan cepat untuk menolong (Hal Kebaikan).

dan poin ke 9 (Bertanggung Jawab dan dapat di percaya) dari nilai ini kenapa ada para pahlawan di jaman dulu dan kenapa harus ada para tokoh pejuang di jaman penjajah , karna...? mereka mempertanggung jawabkan bahwasanya meraka adalah ahli waris tanah kakek buyut mereka dan kita nih sebagai generasi selanjutnya generasi yang melanjutkan tanggung jawab dan pejuangan para pahlawan terdahulu darma bertangung jawab dan saling percaya ialah hal yang paling utama dalam membentuk karakter yang jujur dalam pergerakanya untuk mencapai nasionalisnya kita harus menjadi pramukawan berkompetensi tinggi dalam hal pergerakan apapun.

nah itulah jiwa nasionalisnya pramuka dan jiwa patriot nya anak pramuka ada di nilai darma 3,4,8 sedikit kita bahwa dengan bahasa sederhana .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan