Mohon tunggu...
Ratna Nopitasari
Ratna Nopitasari Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMA Negeri 1 Salem

Apapun yang terjadi adalah yang terbaik.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Media Pembelajaran Bagi Guru

8 November 2022   09:13 Diperbarui: 8 November 2022   09:24 302
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU

Oleh Ratna Nopitasari

Abstrak

Dewasa ini perkembangan ilmu dan tekonologi begitu pesatnya, laju perkembangan itu demikian luasnya hingga hampir mencakup seluruh kehidupan manusia. Khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi, inilah yang melatarbelakangi perlunya penerapan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Guru mengajar di dalam kelas adalah untuk mendidik dan mengajar. Dalam mengajar seorang guru bertanggung jawab penuh agar bahan yang diajarkan itu dapat diterima oleh siswa dengan baik dan benar.
Pada dasarnya suatu kegiatan belajar mengajar ( KBM ) di dalam kelas dapat diterapkan dengan menggunakan berbagai media pembelajaran. Media pembelajaran digunakan oleh guru dengan harapan siswa sebagai subjek didik dapat menerima bahan pelajaran yang menarik, jelas, bervariasi, mudah dipahami dan tidak membosankan. Apabila dalam penyampaian pelajaran seorang guru selalu menggunakan media yang konvensional dan dilakukan terus menerus tanpa adanya variasi dalam pembelajaran, dapat dimungkinkan akan menemui kejenuhan karena tidak ada warna baru dalam kegiatan belajar mengajar tersebut.

Kata Kunci : Pemanfaatan media pembelajaran

Pendahuluan

Pendidikan merupakan investasi yang utama sekaligus merupakan isu sentral bagi setiap bangsa, apalagi bagi bangsa yang sedang berkembang yang giat membangun Negaranya. Pembangunan hanya dapat dilakukan oleh manusia yang dipersiapkan melalui pendidikan. Mutu pendidikan banyak bergantung kepada mutu guru dalam membimbing proses belajar mengajar. Dalam pembelajaran guru harus menguasai keterampilan untuk mengatasi kebosanan peserta didik agar selalu antusias, tekun, dan penuh partisipasi. Variasi dalam pembelajaran adalah perubahan dalam proses kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, serta mengurangi kejenuhan dan kebosanan. 

Banyak cara untuk menciptakan suasana belajar yang dapat menarik minat siswa dalam kegiatan belajar mengajar salah satunya yaitu memilih media pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di sekolah pada khususnya. Penggunaan media dalam pembelajaran sangat bermanfaat bagi guru, maupun kepada peserta didik.

Jenis media yang dapat digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar diantaranya : media audio, komputer dan jaringan, visual, dan cetak. Dari setiap jenis media yang digunakan memilki kelebihan dan kekurangan, akan tetapi untuk pencapaian kegiatan belajar mengajar yang berhasil sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan maka media yang digunakan harus sesuai dengan situsi dan bahan pelajaran yang akan disampaikan. Sebagai contoh media kaset audio, merupakan media auditif yang mengajarkan topik-topik pembelajaran yang bersifat verbal seperti pengucapan (pronounciation) bahasa asing. Untuk pengajaran bahasa asing media ini tergolong tepat karena bila secara langsung diberikan tanpa media, sering terjadi ketidaktepatan yang akurat dalam pengucapan, pengulangan dan sebagainya. Pembuatan media kaset audio ini termasuk mudah, hanya membutuhkan alat perekam dan narasumber yang dapat berbahasa asing, sementara itu pemanfaatannya menggunakan alat yang sama pula.

Tujuan dari penggunaan media pembelajaran yang digunakan diantaranya untuk mempermudah proses pembelajaran di kelas, meningkatkan proses efesiensi proses pembelajaran, menjaga relevansi antara materi pelajaran dengan tujuan belajar, serta membantu konsentrasi pembelajar dalam proses pembelajaran.

Kajian Litelatur dan Pembahasan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun